HomeWISATA DAN RELIGI5 Wisata Sejarah di Kediri yang Wajib Anda Kunjungi! Untuk Menambah Wawasan Sejarah

5 Wisata Sejarah di Kediri yang Wajib Anda Kunjungi! Untuk Menambah Wawasan Sejarah

SMNNews.co.id – Kediri merupakan sebuah kota yang terkenal memiliki sejarah masa lampau yang menarik. Bukan hanya yang berhubungan dengan masa kolonial, anda juga dapat menemukan berbagai tempat wisata sejarah yang berkaitan dengan era perkembangan zaman Hindu Budha. Yuk simak daftar tempat wisata sejarah di Kediri yang menarik berikut ini.

1. Candi Tegowangi

Candi Tegowangi (Sumber: Google)

Candi merupakan sebuah lokasi wisata yang penuh sejarah yang tak kalah menarik untuk ditelisik lebih dalam. Apabila datang ke sana, anda akan langsung dapat melihat bagaimana kokohnya bangunan dari tahun 1400 masehi itu. Meskipun umurnya sudah lebih dari 500 tahun, setiap reliefnya masih bisa terlihat dengan jelas menghiasi setiap sudut candi. Lokasi: Candirejo, Tegowangi, Kec. Plemahan, Kediri, Jawa Timur 64155, Indonesia

2. Candi Surowono                            

Candi Surowono (Sumber : Google)

Candi Surowono dibangun untuk memuliakan Bhre Wengker, seorang raja dari Kerajaan Wengker yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Dalam Negarakertagama diceritakan bahwa pada tahun 1361 Raja Hayam Wuruk dari Majapahit pernah berkunjung bahkan menginap di Candi Surawana.

Baca Juga : Selain Vaksin, 5 Makanan ini Bisa Cegah Kanker Serviks

Candi Surowono atau Candi Surawana merupakan candi bercorak Hindu yang terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Candi ini sesungguhnya bernama Wishnubhawanapura dan dibangun pada abad ke-14.

3. Situs Setono Gedong

Situs Setono Gedong (Sumber : Google)

Setono Gedong adalah situs peninggalan abad ke-12 yang diperkirakan masa peninggalan Prabu Joyoboyo. Di situs ini ditemukan logo Garudea yang merupakan lambang kerajaan Kediri. Di tempat tersebut juga terdapat makam Syaikh Syamsuddin Al Wasil yang di dalam Kitab Kakawin Hariwangsa disebutkan sebagai guru spiritual Prabu Joyoboyo.

4. Candi Dorok

Candi Dorok Sumber : Google)

Candi Dorok berada di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu – Kabupaten Kediri. Candi Dorok ditemukan oleh seorang petani secara tidak sengaja saat hendak menanam bibit pohon Melinjo di pekarangan rumahnya.Saat pertama ditemukan, candi ini hanya berupa bidang segi empat yang terbuat dari batu bata.

Baca juga : 7 Rekomendasi Wisata Alam Kediri yang wajib anda kunjungi

5. Candi Klotok

Candi Klotok Kediri (Sumber: Google)

Candi Klotok berada di sebuah bukit masuk wilayah Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroyo, Kota Kediri. Candi tersebut mulai diteliti sejak tahun 1994. Hingga ini proses penelitian masih dilakukan oleh sejumlah pihak. Belum diketahui pasti kapan dibangunnya candi ini. Namun dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fungsi candi tersebut sebagai tempat peribadatan. Berdasarkan posisi dan letaknya, diduga kuat candi ini berlatar Agama Hindu.(red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

BERITA LAINYA

Ditolak Berhubungan Badan, Kakek di Ngawi Aniaya Istri Lalu Bunuh Diri

NGAWI, SMNNews.co.id - Mata Kawiti (61 thn) warga Dusun Bungur, Desa Gelung, Kecamatan Paron, berkaca-kaca. Suaranya bergetar lirih, menahan sedan, juga sakit atas luka...