HomeLIFESTYLE5 Tanaman Hias yang Bikin Kamar Tidur Terasa Lebih Menenangkan

5 Tanaman Hias yang Bikin Kamar Tidur Terasa Lebih Menenangkan

SMNNews.co.id – Selain untuk menambah warna, memiliki tanaman hias di kamar tidur ternyata juga dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih tenang atau rileks. Studi ilmiah menunjukkan bahwa kehadiran tanaman mampu mengurangi stres dan menjadikan sebuah ruangan cocok untuk bersantai setelah hari yang panjang. Ada berbagai pilihan tanaman yang sempurna untuk kamar tidur, termasuk varietas yang perawatannya mudah. Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut delapan tanaman hias yang bikin kamar tidur terasa lebih menenangkan.

1. Parlor palm

tanaman hias parlor palm

Parlor palm adalah pendamping kamar tidur yang ideal karena lebih menyukai cahaya tidak langsung dan dapat tumbuh dengan kelembaban rumah rata-rata. Meskipun, tanaman ini sebenarnya akan tumbuh paling baik dengan kelembaban yang tinggi. Maka dari itu, jagalah agar media tanahnya tetap lembab secara merata tetapi jangan sampai basah kuyup. Biarkan tanah hampir tidak kering saat disentuh, lalu sirami hingga bersih.

2. Snake plant

snake Plant

Meski memiliki nama yang kurang menarik, namun snake plant atau sansiviera alias lidah mertua, sangat mudah dirawat. Lurik keperakan menutupi daun hijau seperti pedang menjadikannya tanaman yang sempurna untuk titik fokus di sudut kamar tidur. Satu keuntungannya lagi, tanaman sukulen ini juga dapat tumbuh subur di lingkungan dengan kelembapan yang rendah.

3. Anggrek bulan atau Moth orchid

Anggrek Bulan Putih

Anggrek bulan atau Moth orchid merupakan salah satu tanaman anggrek yang ketika mekar akan memancarkan ketenangan, sehingga menjadikannya tanaman yang sempurna untuk kamar tidur. Tanaman ini mudah tumbuh dan berasal dari daerah tropis. Jadi, lebih menyukai kelembaban yang tinggi. Lokasi terbaik untuk meletakkannya adalah di jendela yang menghadap ke timur atau barat. Anggrek bulan atau phalaenopsis biasanya mekar setahun sekali, tetapi tanaman ini juga bisa mekar selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Tempatkan anggrek di dalam cawan atau teko untuk menjaga kelembaban berlebih agar tidak merusak furnitur atau lantai.

4. Pothos atau sirih gading

Sirih Gading

Pothos alias sirih gading adalah salah satu tanaman termudah untuk dirawat dan paling cocok jika diletakkan di kamar tidur. Daunnya yang tebal menyimpan air dan sifatnya yang merambat membuatnya mudah dipotong untuk disimpan pada ukuran yang kita suka. Tumbuhkan pothos di hampir semua kondisi cahaya dan jaga agar tanah tetap kering. Pothos tumbuh dengan warna kuning muda atau putih, tetapi jika kita lebih suka daun berwarna solid, pilih sepupunya, philodendron heartleaf, yang sama-sama mudah dirawat.

5. Dracaena

Dracaena

Mudah dirawat dan enak dipandang, dracaena tumbuh panjang, ramping, serta memiliki daun bertali yang melengkung menarik dari batang tengah. Daunnya memiliki warna yang beraneka ragam, termasuk merah muda, merah, kuning, dan krem. Tanaman ini juga tetap mempertahankan warnanya, bahkan dalam situasi cahaya yang rendah. Salah satu varietasnya pun disebut tanaman jagung karena kemiripannya dengan jagung. Dracaena tumbuh paling baik dalam cahaya terang dan tidak langsung. Di samping itu, jauhkan dracaena dari hewan peliharaan dan anak-anak karena tanaman ini beracun jika dimakan. (kmps)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...