HomeJAWA TIMURKEDIRI7 Cara Menarik Pelanggan Baru Dan Mempertahankan Pelanggan Setia

7 Cara Menarik Pelanggan Baru Dan Mempertahankan Pelanggan Setia

Hanifah Kurniasari, S.Hum.

Kediri, suaramedianasional.co.id – Pelanggan merupakan satu hal terpenting dalam bisnis, karena dengan adanya pelangganlah bisnis kita bisa bertahan dan berkembang. Memiliki banyak pelanggan merupakan impian setiap pemilik bisnis. Menemukan pelanggan atau konsumen baru adalah sebuah tantangan penting dalam setiap bisnis.

Namun, sebagai pemilik bisnis yang baik, kita tidak bisa hanya fokus menjaring pelanggan baru dan melupakan pelanggan setia. Karena tanpa pelanggan setia, bisnis kamu sudah hancur sejak mulai berjalan. Lantas bagaimana caranya agar kita dapat menemukan pelanggan baru sekaligus meningkatkan loyalitas pelanggan lama? Dilansir dari berbagai sumber, kamu bisa melakukan berbagai cara berikut ini:

  1. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Media sosial tidak hanya bagus untuk promosi, tapi juga sangat efektif untuk mencari pelanggan baru dan menyapa pelanggan lama. Perluas jaringan bisnis kita di berbagai media sosial untuk memancing datangnya pelanggan baru ke dalam bisnis kita. Seperti halnya sebuah jaring laba-laba, semakin luas dan kuat jaringnya tentu semakin besar pula kesempatan menangkap mangsa danlam jumlah yang besar.

Jangan lupa juga untuk selalu check akun media sosial untuk memastikan kita selalu dalam lingkaran pergaulan pelanggan. Sehingga ketika pelanggan membutuhkan produk akan selalu ingat kita bukan ke kompetitor.

Pilihlah media sosial tergantung pada siapa yang Anda targetkan. Temukan di media mana target pasar kita paling lama menghabiskan waktu, lalu ikutilah pembicaraan yang ada didalamnya. Berbagilah dan ingatlah bahwa konten adalah mata uang kita. Mulailah dengan mencari hubungan, bukan langsung ke penjualan.

  1. Jangan Lupakan Networking di Dunia Nyata

Coba telusuri kembali, pernahkah kamu memiliki pelanggan yang berasal dari pelanggan sebelumnya, atau pelanggan tersebut memang sudah orang yang kita kenal. Itulah keuntungan dari bertemu dengan berbagai orang, yaitu network atau jaringan kita akan lebih luas.

Teknologi memang sudah semakin maju, namun membangun hubungan dengan cara lama masih bekerja dengan baik. Kenapa? Karena orang-orang cenderung lebih suka berbisnis dengan orang yang mereka kenal. Jangan lupa untuk menyiapkan kartu nama dan bagikan pada setiap relasi yang kita temui. Siapa tahu kita mendapatkan pelanggan baru melalui mereka.

  1. Gunakan Strategi Marketing yang Berbeda-beda

Buatlah sebuah strategi pemasaran yang mencakup penggunaan teknologi seperti email marketing, atau kita juga bisa memanfaatkan the power of “word-of-mouth”. Gunakan strategi pemasaran jangka panjang dengan adanya milestone atau penanda untuk setiap bulannya. Melalui hal tersebut, temukanlah strategi pemasaran mana yang paling cocok untuk produk dan bisnis kita.

  1. Cari Partner Bisnis

Salah satu cara tercepat untuk menarik pelanggan baru adalah dengan menemukan seorang partner bisnis yang dapat membantu kita. Mungkin kamu sudah sering melihat hal ini di dunia bisnis, dimana perusahaan yang satu bekerjasama dengan perusaahan lain baik dalam iklan atau produk. Bahkan, akusisi juga merupakan salah satu bentuk partner bisnis, yang membedakan, akuisisi merupakan bentuk kerja sama yang jauh lebih kuat.

Selalu ingatlah pada kalimat “Pada saat 2 orang pebisnis profesional memuji atau bersaing satu sama lainnya, mereka dapat menarik peluang membuka pintu pasangan bisnisnya.”

  1. Buat Diskon hingga Berikan Hadiah

Kapan terakhir kali kamu memberikan penawaran khusus untuk pelanggan? Mulai saat ini ingatlah untuk rutin memberikan penawaran khusus seperti diskon atau kamu juga bisa memberikan promo hadiah kepada pelanggan. Kamu juga bisa memanfaatkan moment-moment khusus untuk melakukannya. Seperti moment HUT RI Agustus lalu, banyak pelaku bisnis yang memberikan penawaran-penawaran berupa diskon hingga hadiah untuk memanjakan pelanggan setia mereka sekaligus menjaring pelanggan baru.

  1. Sebuah Kompetisi atau Lomba Berhadiah

Membuat sebuah kompetisi atau lomba sudah terbukti dapat membantu para pelaku bisnis mendapatkan pelanggan baru. Sebagi contoh, kita bisa membuat kompetisi dengan meminta orang-orang untuk mempromosikan bisnis kita melalui media sosial dengan melakukan tag ke teman-temannya. Selain dapat meningkatkan citra positif akan bisnis, cara ini dapat membantu para pelaku bisnis mendapatkan pelanggan baru.

  1. Periksa Kembali Laporan Produk

Kamu sudah melakukan berbagai cara, tetapi tetap saja tidak ada pelanggan baru yang datang? Hal ini mungkin disebabkan bukan cara kamu yang salah, tetapi mungkin produk atau cara penjualan kamu yang salah. Lihat kembali ‘database’, dan lakukan pengecekan apakah ada kesalahan terkait hal itu.

Jika masih tidak yakin, kamu dapat melakukan survey, kusioner dan sejenisnya untuk meminta pendapat orang-orang sekitar. Perusahaan-perusahaan besar juga sering melakukan hal ini untuk mengetahui penilaian masyarakat akan produk atau layanan yang mereka miliki. Dengan mengetahui penilaian masyarakat dan pelanggan, kita dapat meningkatkan kualitas produk kita untuk kebahagiaan pelanggan lama dan mendapatkan pelanggan baru karena kualitas produk kita yang semakin bagus. (edt)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...