HomeTNIAir Hujan Jadi Air Bersih siap Minum di TMMD 107 Situbondo

Air Hujan Jadi Air Bersih siap Minum di TMMD 107 Situbondo

Air Hujan Jadi Air Bersih siap Minum Di TMMD 107 Situbondo

SMNNews.co.id – Wabub Situbondo, Ir H.Yoyok Mulyadi Msi. Melaksanakan pengecekan Pemasangan instalasi elektrolisis air hujan menjadi air siap konsumsi di desa Tlogosari dan langsung mencoba minum air hasil dari Elektrolisis yang di rancang oleh Sdr Anton Sujarwo, Mahasiswa UGM asli Jombang.

Meski sampai saat ini sendiri banyak yang masih beranggapan air hujan tidak baik untuk tubuh, bagi Komunitas Banyu Bening air hujan justru bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi. Bahkan Komunitas tersebut juga tak berhenti terus mengkampanyekan segi positif air hujan yang selama ini terbuang sia-sia.

Pengolahan air hujan diawali dari masa panen air hujan, saat hujan turun, air hujan paling baik yakni sekitar 15 menit setelah turunnya hujan di mana polutan, seperti debu, logam, dan asap kendaraan dan pabrik sudah mengendap dan larut.

Air hujan yang ditampung kemudian diolah dengan alat elektrolisa yang memisahkan air dengan sifat basa ataupun air asam, yakni sistem setrum listrik dengan menggunakan titanium. Proses eletrolika sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam yang menghasilkan 1 liter air sudah siap minum dengan rasa lebih segar dan manis dari biasanya.
Komunitas Banyu Bening, Anton Sujarwo, mengatakan Komunitas Banyu Bening berdiri sejak 2012 dan mulai memberikan edukasi terkait air hujan sejak tahun 2015 dengan mengubah mindset masyarakat bahwa air hujan sangat bermanfaat dan sayang jika terbuang begitu saja.ucapnya
Lanjud Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Ahkmat Juni Toa SE.MI.Pol setelah minum air Elektrolisis berpesan kepada warga Telogosari, setelah terpasangnya alat Elektrolisis ini penduduk setempat bisa mengunakan dan bisa menjaga alat tersebut dengan baik.

Program komunitas ini, selain memberikan pengetahuan pengolahan air hujan, juga mengajarkan masyarakat tentang pembuatan alat elektrolisa. Hal ini sebagai bentuk turut serta dalam menjaga lingkungan terutama di Desa Telogosari Kecamatsn Sumbermalang yang kebetulan menjadi tempat TMMD ke 107. Pungkas Dandim (Jito Pen 23)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...

Pipa PDAM Kota Malang Bocor dan Buat Jalan Ambrol, Satu Mobil Terperosok!

KOTA MALANG, SMNNews.co.id – Pipa PDAM yang terletak di perempatan Ranugrati Kota Malang jebol dan membuat jalan aspalnya ambrol. Hal ini menyebabkan satu mobil terperosok...