HomeBERITAAkibat Covid-19, Dinsos Catat Ratusan Anak di Ngawi Kehilangan Orangtua

Akibat Covid-19, Dinsos Catat Ratusan Anak di Ngawi Kehilangan Orangtua

Latihan Dukungan Psikososial, salah satu pendampingan untuk anak korban Covid-19,

NGAWI, SMNNews.co.id – Ratusan anak di Kabupaten Ngawi tercatat harus menjadi yatim, piatu bahkan yatim piatu, karena orangtuanya meninggal akibat terpapar Covid-19.

Dinas Sosial Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, mencatat sampai pekan ketiga bulan September 2021, ada 155 anak telah kehilangan orangtua karena Covid-19.

“Usia anak yang kami catat ini terhitung yang masih harus bersekolah, jadi pada usia nol sampai 18 tahun,” ungkap Tri Pujo Handono, pelaksana harian Kepala Dinas Sosial Ngawi.

Saat ini, data ratusan anak tersebut akan segera diusulkan untuk mendapat bantuan sosial tunai dari Pemprov Jawa Timur. Jumlah BST ini dijanjikan Ro200 ribu per bulan untuk setiap anak.

“Informasi dari Pemprov, bantuan akan diterimakan mulai Oktober 2021, tetapi kepastiannya masih mennggu. Sekarang ini kami hanya memberikan data dulu ke provinsi,” ungkap Tri Pujo.

Bantuan Dinsos Jatim itu rencananya akan dikucurkan mulai Oktober-Desember mendatang. Sedangkan mulai Januari 2022 akan dimasukkan pula anak-anak lain yang harus kehilangan orangtua di masa pandemi, kendati bukan karena terpapar Covid-19.

Menurut Tri Pujo, anak-anak yatim meskipun orangtuanya tidak meninggal karena Covid-19, datanya juga diminta Pemprov Jatim. Mereka juga dijanjikan santunan yang sama tetapi baru akan dimulai Januari 2022.

Jumlahnya sampai sekarang  ada 208 anak dengan kategori usia nol sampai 18 tahun,” tutur Tri Pujo. 

Beberapa program untuk menangani anak yang kehilangan orangtua akibat Covid-19, sudah dilakukan di Ngawi. Namun, permasalahan masa depan mereka belum tentu tuntas teratasi, terutama dlaak hal biaya hidup dan pendidikan.

Beberapa bantuan sebenarnya telah dilakukan untuk anak korban Covid-19. Bantuan itu misalnya Latihan Dukungan Psikososial (LDP) dari Dinsos Provinsi, bingkisan sembako dan pengangkatan orangtua asuh  dari program Polri. ***

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...