HomeWISATA DAN RELIGIRELIGIAmalan Amalan di Bulan Rajab

Amalan Amalan di Bulan Rajab

Amalan Amalan di Bulan Rajab (Sumber Foto: Google)

SMNNews.co.id – Pada Bulan Rajab sebagai umat islam harus memanfaatkan bulan yang istimewa ini dengan mengikuti amalan yang dianjurkan. Karena hal tersebut menunjukkan bukti rasa syukur atas umur panjang yang hanya dimiliki oleh sedikit manusia lainnya.

Bulan Rajab adalah salah satu bulan paling suci dalam Islam. Bulan Rajab adalah bulan Allah SWT, bulan Sya’ban adalah bulan Rasulullah SAW, dan bulan Ramadhan adalah bulan umat Nabi Muhammad SAW.

Untuk mengambil berkah dari keistimewaan bulan Rajab, maka ulama berpendapat bahwa terdapat amal ibadah yang dapat dikerjakan pada bulan Rajab ini.

Ketika memasuki bulan Rajab, banyak umat Islam bersiap untuk melakukan berbagai jenis ibadah. Di bulan Rajab, banyak umat Islam mengingat dan mempelajari tentang tata cara dan hukum ibadah. Kehadiran bulan Rajab juga dikaitkan dengan persiapan menyambut bulan suci Ramadhan.

Berikut beberapa amalan ibadah dan hal-hal lain yang yang sering dibicarakan seiring dengan masuknya bulan Rajab.

1. Puasa Rajab

Puasa di bulan Rajab dianggap sebagai bentuk ibadah dalam Islam. Alasannya, kita dianjurkan berpuasa sunnah pada bulan-bulan suci, seperti yang dikemukakan Syekh Nawawi Banten dalam kitabnya Nihayatuz Zain.

Saat menjalankan puasa Rajab, kita bisa membaca niat puasa Rajab di malam hari sebagai berikut:

 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.

Dari segi waktu, puasa Rajab bisa berlangsung beberapa hari. Sementara tidak ada hari yang ditentukan. Meski begitu, kita bisa berpuasa Rajab dengan mengikuti aturan hari-hari utama bulan atau minggu.

2. Shalat Rajab

Imam al-Ghazali berpendapat dalam bukunya Ihya Ulumiddin bahwa shalat sunnah yang mutlak di bulan Rajab adalah mustahabbah (sunnah). Pada saat itu, orang-orang saleh biasanya akan melakukan shalat sunnah mutlak ini. Imam Ghazali menjelaskan bahwa siapa pun yang berpuasa pada hari Kamis di bulan Rajab dan kemudian melakukan shalat sunnah dua belas rakaat antara shalat malam dan sepertiga malam, permintaannya akan dikabulkan.

Shalat sunnah Rajab sama dengan shalat sunnah pada umumnya, yaitu shalat dua rakaat dengan satu salam. Ada 6 salam jika sholat 12 rakaat sholat. Dalam setiap rakaat, setelah membaca Al-Fatihah, disunnahkan membaca Surat Al-Qadar tiga kali dan Al-Ikhlas dua belas kali.

Setelah selesai shalat, kita dianjurkan membaca shalawat sebanyak 70 kali. Shalawat yang dibaca adalah: Allahumma shalli ‘ala Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi. Setelah membaca shalawat, kita dianjurkan sujud dengan membaca: Subbuhun quddusun rabbul malaikati war ruh sebanyak 70 kali. Setelah selesai sujud, duduklah sejenak dengan membaca: Rabbighfir warham wa tajawaz ‘amma ta’lam innaka antal a’azzul akram sebanyak 70 kali. Setelah itu, kembali sujud dengan membaca: Subbuhun quddusun rabbul malaikati war ruh sebanyak 70 kali. 

Setelah selesai, mohonlah kepada Allah SWT atas hajat yang diinginkan.  

3. Bersedekah

Bulan Rajab mengandung nilai-nilai luhur yang bisa didapatkan oleh mereka yang bersungguh sungguh untuk meraihnya. Meraih rahmat Allah dan meraih kebaikan-Nya yang tak berkesudahan. Dalam bukunya Al-Ghunyah, Sulthanul Auliya Syaikh Abdul Qadir al-Jailani menjelaskan bahwa kata Rajab terdiri dari tiga huruf: ra’-jim-ba’. Masing-masing memiliki arti yang berbeda. Ra’ mengandung nilai Rahmatullah, Jim mengandung nilai Juudullah, dan Ba’ mengandung nilai Birrullah.

Umat ​​Islam yang bersedekah di bulan Rajab akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, menurut Rasulullah SAW yang bersabda: Barangsiapa bersedekah di bulan Rajab, maka Allah SWT akan menjauhkannya dari api neraka sejauh burung gagak terbang bebas dari sarangnya. sarang mati karena usia tua. Gagak bisa hidup selama 500 tahun, menurut beberapa ahli.(red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...