HomeBERITAAnggota DPR RI komisi IV Anggia Erna Rini Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas...

Anggota DPR RI komisi IV Anggia Erna Rini Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani Holtikultura di Blitar

Anggota DPR RI komisi IV Anggia Erna Rini saat membuka Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani Holtikultura

BLITAR, SMNNews.co.id – Untuk meningkatan kapasitas petani Holtikultura di Blitar, Anggota DPR RI komisi IV Anggia Erna Rini mengadakan Bimtek Kelompok Perempuan dua Kecamatan, Minggu (19/07/2023 ) di Wisata Edukasi Kampung Coklat.

Hadir dalam giat Bimtek tersebut, Anggota DPR RI komisi IV Anggia Erna Rini, Kementrian Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Blitar dan 80 Anggota kelompok perempuan.

Saat di temui awak media Anggia Erma Rini menjelaskan, kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber dari Dosen Uniska Kediri Imam Habibi SP. M.Sc dan sebagai narasumber yang kedua UPTD BPTH/Laboratorium Wilayah Tulungagung, Pramudianto.

Acara yang di hadiri sekitar 100 peserta dari perwakilan Kelompok Wanita Kecamatan Kanigoro dan Garum, tersebut begitu interaktif yang diisi dengan tanya jawab peserta mengenai holtikultura.

Wakil Ketua Komisi IV Anggia Erma Rini mengatakan, Bimtek hari ini untuk peningkatan kapasitas pertanian di sektor Holtikultura, di Kabupaten Blitar.

“Karena kita mempunyai program Pekarangan Pangan Lestari (P2L), jadi pemanfaatan pekarangan rumah untuk menanam sayuran buah-buahan dan lainya. Yang biasa ditanam biasanya seperti, Cabe, Pisang, Terong, Tomat dan tanaman produktif lainnya,” jelas Anggia Erma Rini.

Selebihnya, Anggia Erma Rini menyampaikan, dengan adanya program P2L ini, harapannya bisa berguna khususnya untuk ibu-ibu.

Anggota DPR RI komisi IV Anggia Erna Rini

“Dengan kita berikan modal untuk menanam di pekarangan itu, supaya perempuan khususnya ibu-ibu bisa mempunyai tambahan penghasilan, yang hasilnya sebagian bisa di jual, dan sebagian lainnya bisa dinikmati bersama kelompoknya masing-masing,”ungkap perempuan yang aktif mendongkrak kapasitas petani ini.

Lebih lanjut, Anggia mengatakan, program P2L ini memang dikhususkan untuk para kelompok perempuan, dan mereka yang saat ini belum masuk di Kelompok Wanita Tani (KWT) nantinya akan ke KWT.

“Sementara ini mungkin bagi ibu-ibu yang baru bergabung melakukan program P2L ini sebagai usaha sampingan, tapi bagi kami wakil rakyat, ini adalah program utama (unggulan), untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dan bila program itu bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan, kita seharusnya jadi juara, dengan banyaknya produk pertanian holtikultura yang di miliki Blitar ini” papar Anggia Politisi PKB Dapil Jatim VI ini.

Anggia Erma Rini juga menambahkan, mereka yang kita undang ini rata-rata memiliki tanah pekarangan di rumahnya, yang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menanam sayur maupun buah-buahan yang didukung dengan teknologi yang kita punya, jadi hasilnya lebih maksimal.

“Dengan bantuan berbentuk modal 50 juta rupiah, dari adanya program P2L ini, yang bisa dipakai tiap-tiap kelompok untuk membeli bibit, ataupun teknologinya. Bisa juga dipakai untuk membuat sistem penanaman moderen, seperti pembuatan Green House dan lain-lainnya. Dari program ini diluncurkan sudah banyak dari kelompok-kelompok perempuan yang berhasil menerapkan ini, dan program P2L ini kita lakukan tidak hanya di Blitar saja, kita juga memberikan program serupa di Tulungagung dan Kediri juga. Karena dengan menerapkan pemanfaatan lahan pekarangan, diharapkan dari segi ekonomi masyarakat bisa sejahtera,” pungkasnya. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Jamaah Haji Harus Tahu Ini, Vaksin Penting Demi Mengurangi Resiko Kematian!

SMNNews.co.id - Tercatat penyakit terbanyak yang menyebabkan jamaah haji meninggal dunia, ialah pneumonia, sepsis, syok kardiogenik, infark dan miokard akut (serangan jantung). Untuk mengurangi resiko...

Razia Balap Liar, Polisi Giring Puluhan Motor dan Pengendaranya dengan Berjalan Kaki ke Polres Pamekasan

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Polres Pamekasan kembali lakukan giat Razia Harkamtibmas Balap Liar dan Knalpot brong yang meresahkan masyarakat Pamekasan. Giat Harkamtibmas Balap Liar dan Knalpot...

Jaga Kondusifitas Keamanan, Polres Blitar Kota Amankan Puluhan Botol Miras Saat Patroli

KOTA BLITAR, SMNews.co.id - Polres Blitar Kota menggelar patroli rutin sebagai antisipasi gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) apalagi saat event internasional yang ada...