HomeBERITAAnggota Komisi IV DPR RI Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pertanian dan Penyuluh...

Anggota Komisi IV DPR RI Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pertanian dan Penyuluh Tahun 2023

Anggota Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini menggelar Bimtek peningkatan kapasitas pertanian dan penyuluh

BLITAR, SMNNews.co.id – Untuk meningkatan pertanian di Kabupaten Blitar, Anggota Komisi IV DPR RI mengelar Bimtek peningkatan kapasitas pertanian dan penyuluh, Senin (07/08/2023) di wisata edukasi Kampung Coklat.

Hadir dalam acara tersebut selain Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini juga dari Polbangtan Malang yaitu Kepala UPPN, Suhermanto sebagai Narasumber serta Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Blitar Wawan

Acara Bimtek ini bekerjasama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, Badan Penyuluh Dan Pengembangan Sumber daya Manusia Pertanian.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini menjelaskan, pihaknya menggelar Bimtek untuk petani bisa mengetahui Teknologi pertanian kepada ibu-ibu muslimat di dua kecamatan yaitu Gandusari dan Talun.

“Karena sering nya teknologi itu tidak sampai ke Petani, karena memang biasanya petani punya cara sendiri untuk survive, maka nya perlu ada transfer pengetahuan dan ilmu terkait teknologi terutama dalam menghadapi El Nino karena tahun ini estimasinya negara akan di Landa El Nino,” jelas Anggia Erma Rini.

Intinya, lanjut Anggia, pihaknya menggelar Bimtek bagaimana para petani dapat menghadapi El Nino, kemarau panjang, dan proses transformasi teknologi kepada petani kan tidak mudah, dahulu saja petani itu membajak dengan kerbau lalu diganti dengan mesin saja tidak mudah, jadi perlu ada peningkatan kapasitas bagi petani seperti saat ini.

“Terkait ancaman El Nino kita minta kementerian pertanian untuk mengadaptasi irigasinya karena sebagian petani kita kan bergantung dari air seperti pengadaan sumur itu menjadi sangat penting juga pemilihan dalam hal menanam apa pada saat El Nino itu juga sangat penting untuk diadaptasikan agar tidak kacau,” ungkap Anggia Erma Rini.

“Harapan kita, selama ini kan pertanian dianggap kotor, berdebu, hitam, nah dengan teknologi-teknologi kan kita bisa memangkas tenaga-tenaga manusia untuk lebih efektif jadi tidak turun dengan fisik namun dengan mesin misalnya kalau panen yang biasa nya berhari-hari dengan menggunakan Mesin Pemanen Combine Harvester cukup satu hari selesai,” pungkas Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Lapas Banyuwangi Terima Kunjungan Studi Tiru Pembangunan ZI dari Lapas Bondowoso

BANYUWANGI, SMNNews.co.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi kembali menerima kunjungan studi tiru pembangunan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK)...

Berkedok Anggota Polri, Penipu Diciduk Aparat Polres Morowali

MOROWALI, SMNNews.co.id - Langkah ARS (50) warga asal Makassar, yang memperdaya dan menipu beberapa orang warga masyarakat di wilayah hukum Polres Morowali akhirnya terhenti...

Pemdes Sukogidri Gelar Musrendes RKP dan DU RKP Desa 2025

JEMBER, SMNNews.co.id - Pemdes Sukogidri kecamatan Ledokombo menggelar Musyawarah rencana desa (Musrendes) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Daftar Usulan (DU) RKP desa Sukogidri tahun...