HomeJAWA TIMURPONOROGOAngka Kematian Ibu dan Anak di Ponorogo Cukup Tinggi

Angka Kematian Ibu dan Anak di Ponorogo Cukup Tinggi

Kusdarini Kadinkes Ponorogo.
Ponorogo, suaramedianasional.co.id –Angka kematian ibu dan anak ( AKI) di Kabupaten Ponorogo  masih cukup tinggi meski  Dinas Kesehatan setempat sudah melakukan berbagai  penyuluhan.
Kematian ibu saat melahirkan di Kabupaten Ponorogo dipengaruhi oleh faktor kehamilan yang tidak di inginkan (KPD) serta fajtor kesehatan.
Faktor kesehatan misalnya seorang ibu yang menderita penyakit  tertentu  dan ketika hamil mempunyai resiko tinggi. Namun  karena belum punya anak maka tetap nekad hamil  Diketahui, data dari Dinas Kesehatan menunjukkan  tingkat kematian ibu di Kabupaten Ponorogo 89 orang sementara secara nasional sebanyak 305.
Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo, Rahayu Kusdarini mengatakan, pihaknya terus berupaya unruk menurunkan angka tersebut hingga mencapai nol. Diakui hal itu memang perlu waktu dan tenaga serta melibatkan pihak ketiga seperti IPAS dan para mitra.
Karena pada tahun 2018, tingkat kematian ibu melahirkan di Ponorogo mencapai 9 orang per 9500 untuk kelahiran hidup.
Penyebab AKI menurut Rahayu adalah usia ibu, kehamilan tidak diinginkan atau faktor kesehatan.
“Sebagian besar terjadi pada ibu usia produktif, atau usia yang lanjut tapi tetap meneruskan kehamilannya. Sebaliknya tingginya perkawinan muda di Ponorogo jutsru tidak terpengaruh sama sekali dengan AKI. Ini dibuktikan pada usia remaja AKI adalah nol,” pungkas Kusdarini, Kadinkes Ponorogo. (wid)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Sabar AS Terima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD)

PASAMAN, SMNNews.co.id - Dalam rangka penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah yakni Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja...

Pengawasan Operasi Ketupat 2024 Oleh Itwasum Polri Bertempat di Polres Pasuruan Kota

PASURUAN, SMNNews.co.id – Tim Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri melaksanakan kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan Operasi Ketupat 2024  di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota bertempat...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Tabligh Akbar

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Tabligh Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Asahan ke-78 Tahun 2024 bertempat di Mesjid Agung Achmad Bakrie...