HomeBERITAAntisipasi Bahaya Kenakalan Remaja dan Kejahatan Jalanan, Ratusan Siswa SMK se-Kota Palembang...

Antisipasi Bahaya Kenakalan Remaja dan Kejahatan Jalanan, Ratusan Siswa SMK se-Kota Palembang Ikuti Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Pancasila

Kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Pancasila yang diikuti ratusan Siswa SMK se-Kota Palembang

PALEMBANG, SMNNews.co.id – Ratusan pelajar berbagai sekolah asal SMK se-Kota Palembang mengikuti kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Pancasila bertempat di sekolah SMK Negeri 2 Palembang pada Jumat (28/07/23). juga di hadiri dari perwakilan mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Pemuda di Kota Palembang

Dalam sambutannya Dir Intelkam Polda Sumsel yang diwakili oleh Kompol Handriyanto SH selaku kanit 2 subdit IV menyampaikan, melalui kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Pancasila dengan tema “Membangun Karakter Pelajar Pancasila Anti Kenakalan Remaja”, diharapkan mampu Menyikapi situasi saat ini, dimana masih maraknya aksi-aksi kenakalan remaja mulai dari bolos sekolah hingga perbuatan mengarah kriminalitas seperti kejahatan jalanan sampai tawuran antar pelajar yang menyebabkan hilangnya nyawa anak sekolah dan kerusakan fasilitas umum, yang mirisnya bahkan aksi tawuran tersebut ditayangkan di media sosial.

“Kegiatan ini kedepannya bisa menjadi kegiatan silaturahmi antar sekolah dan dapat terus berlanjut, dirinya berharap siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan sosialisasi hari ini bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan pengalaman kedepannya agar tidak melakukan pelanggar hukum di luar lingkungan sekolah,” ujar H. Suparman, Kepala Sekolah SMK NEGERI 2 Palembang.

Kegiatan diisi dengan materi dari beberapa narasumber salah satunya Ketua KPAI Kota Palembang Romi Apriansyah, yang ditengah penyampaian materi menyampaikan, dalam undang-undang perlindungan anak segala tindakan menempatkan, melakukan atau menyuruh melakukan kekerasan bahkan hanya dari perbuatan verbal dapat dipidana. Sehingga dirinya mengingatkan kepada para pelajar yang hadir harus berhati-hati agar pelajar tidak terjerat dalam perbuatan kekerasan terhadap sesama pelajar.

Kegiatan ditutup dengan pembacaan deklarasi, menolak terhadap segala bentuk kenakalan remaja tawuran, balap liar, gangster kejahatan jalanan dan penyalahgunaan narkoba, serta taat dan patuh kepada peraturan sekolah dan hukum yang berlaku di negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh seluruh pelajar SMK yang hadir.

Sementara itu usai acara AKBP H. M. Syeh Kopek, Kasubdit Bintibsos Dit Binmas Polda Sumsel mengatakan, bila diadakannya giat tersebut bertujuan untuk melakukan pembinaan.

“Sejauh ini kami dari dit binmas dan dit intelkam sudah melakukan pembinaan terkait kenakalan remaja dan pergaulan bebas,” katanya.

“Sebelumnya, di tahun 2022 kita sudah melakukan pembinaan sebanyak 60 orang di balai budi perkasa mereka yang telah kita lakukan pembinaan kita pantau di sekolah maupun lingkungan rumah,” tutupnya.

Kegiatan yang dihadiri berbagai tamu undangan narasumber Dir Binmas Polda sumsel yang diwakili oleh Kasubdit Bintibsos AKBP H. M. Syeh, Ketua MUI Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili bapak K. H. Ayik Farid A selaku Sekretaris Umum, dan Ketua KPAI Kota Palembang Romi Apriansyah. (jhoni)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Polres Blitar Kota Bantah Lamban Tangani Dumas Dugaan Penipuan Kerjasama Penambangan Pasir

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Satreskrim Polres Blitar Kota telah dan sedang menyelidiki dugaan terjadinya tindak pidana penipuan dan penggelapan yang berawal dari perjanjian kerjasama...

Jaga Stabilitas Harga Pangan, Perum Bulog Hadir dalam Pasar Murah Pemkab Jember

JEMBER, SMNNews.co.id - Perum Bulog Jember membuka stand penjualan Sembako murah di even pasar murah Pemkab Jember yang ber tagline Wes Wayahe Jember Bebas...

Bupati Blitar Sampaikan Materi di Acara Workshop Green Leadership di Jakarta

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan materi di acara Workshop Green Leadership dengan Tema, Sinergitas Green Leadership untuk Masa Depan Pembangunan Lingkungan...