HomeJAWA TIMURBLITARAntisipasi Kenaikan Harga, Plt Walikota Blitar Sidak Pasar Tradisional 

Antisipasi Kenaikan Harga, Plt Walikota Blitar Sidak Pasar Tradisional 

Plt Walikota Blitar Santoso dan Kapolres Blitar AKBP Adewira Negara Sinegar sedang mengecek harga sembako di Pasar Pon Kota Blitar.

Blitar, suaramedianasional.co.id – Pelaksana tugas Walikota Blitar,, Santoso bersama satuan tugas pangan beserta Kapolres Kota Blitar AKBP Adewira Negara Sinegar, Ketua DPRD Said Novandi, melakukan inspeksi mendadak ke pasar-pasar tradisional, Senin (20/05/2019)

Pasar yang pertama kali dikunjungi adalah Pasar Pon. Disini dilihat harga-harga kebutuhan pokok seperti beras, daging ayam, dan bumbu seperti bawang dan cabai.

“Kalau harga kebutuhan pokok di Kota Blitar ini rata-rata sudah turun. Seperti bawang putih yang dulu awal puasa harganya lebih dari Rp 30 ribu sekarang menjadi Rp 23 ribu,” ungkap Santoso.

Setelah berkeliling Pasar Pon, tim bergeser ke Swalayan Sea Mart jalan TGP Kota Blitar. Disini tim tidak menemukan lagi barang-barang sudah kadaluarsa seperti ditemukan di awal puasa dahulu.

Hanya saja ada penataan barang di swalayan yang kurang tepat seperti daging ayam dan daging babi dalam satu kulkas dan makanan roti yang berdekatan dengan obat-obatan.

“Tidak ada yang expired atau kadaluarsa. Hanya ada penempatan barang tidak tepat kita perintahkan untuk ditata ulang. Jadi seperti daging babi dan ayam harus dipisah tempatnya,” ujarnya.

Sudah memaparkan, pemantauan harga bbarang-barang itu penting dilakukan, apalagi menjelang Idul Fitri. Pemkot Blitar telah membentuk tim pengendali inflasi daerah (TPID) untuk memantau dan mengantisipasi lonjakan harga yang terlalu drastis dan memberatkan masyarakat, terutama untuk kebutuhan-kebutuhan yang sangat pokok.

TPID Kota Blitar akan terus memantau harga-harga barang di pasar. Apalagi saat mendekati lebaran, akan berlaku hukum ekonomi yakni permintaan tinggi dan harga-harga akan ikut naik.

“Kita usahakan harga barang tidak terjadi fluktuasi terlalu besar. Salah satunya kita akan menggelar operasi pasar mulai tanggal 23-25 Mei 2019,” pungkasnya. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...