HomeBERITAAntisipasi Lonjakan Covid-19, PMI Ngawi Layani Donor Plasma Konvalensen

Antisipasi Lonjakan Covid-19, PMI Ngawi Layani Donor Plasma Konvalensen

Donor darah plasma konvalensen,. Kini dapat dilakukan di PMI Kabupaten Ngawi.

NGAWI, SMNNews.co.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ngawi membuka layanan untuk donor plasma konvalensen. Peluncurannya dilaksanakan Senin (20/9/2021), bersamaan dengan HUT PMI ke-76.

Tahap awal pembukaan donor konvalensen ini, peserta masih terbatas. Persyaratannya pun tak seperti menjadi donor darah seperti biasa, sebab lebih banyak syaratnya.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi peserta donor darah plasma konvalensen itu, diantaranya, sudah pernah terkonfirmasi positif Covid-19 berdasar hasil tes PCR, laki-laki berusia 18-60 tahun atau perempuan belum pernah hamil, tidak memiliki penyakit penyerta, dan sebagainya.

“Syaratnya memang lebih banyak, darah pun akan dibawa ke Surabaya untuk dites lebih dulu. Tapi saya senang ada donor konvalensen ini, semoga bisa menolong sesama,” ungkap Arya, seorang peserta donor.

Peluncuran alat untuk donor darah plasma konvalensen itu, dilakukan Bupati Ngawi, Ony Anwar. Menurut Ony, dengan adanya fasilitas itu, dia berharap ada antisipasi apabila terjadi lonjakan warga terpapar Covid-19, seperti saat bulanJuni-Juli lalu.

“Ini kan sebuah ikhtiar, upaya agar kita dapat mengantisipasi bila ada lonjakan pasien. Tetapi harapan dan doa kita bersama ya jangan sampai ada kenaikan kasus,” ungkap Ony Anwar.

Saat ini, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Ngawi sudah menurun drastis. Bahkan menurut Bupati Ngawi, Ony Anwar, angka kasus baru kurang dari 10 orang dengan tingkat kematian tercatat rendah.

“Penurunan itu juga didukung serbuan vaksinasi dan sosialisasi prokes yang gencar dilakukan. Kita semua berharap, Covid-19 ini lekas berlalu,” pungkasnya. ***

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Kepsek SDN 12 Rambutan Banyuasin Angkat Bicara! Terkait Isu Dugaan Pungli

BANYUASIN, SMNNews.co.id - Menindak lanjuti pengaduan laporan salah satu LSM dengan Indikasi dugaan Pungli di SDN 12 Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Liza Yuliani, Kepsek SDN...

Waka Polri Bersama Irwasum Polri Akan Melakukan Kunjungan ke Polda Sumsel

PALEMBANG, SMNNews.co.id - Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Gatot Eddy Pramono bersama Irwasum Polri Komjen Pol Agung Maryoto dijadwalkan melaksanakan...

Klinik Utama PHC Dalwa Diresmikan Oleh Gus Irsyad

PASURUAN, SMNNews.co.id - Grand Opening Klinik Utama PHC Dalwa yang berlokasi di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan diresmikan oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Rabu (01/02/2023). Selain...