HomeADVERTORIALAntisipasi Virus PMK, Walikota Santoso Bersama Polres Blitar Kota Pantau Pasar Hewan...

Antisipasi Virus PMK, Walikota Santoso Bersama Polres Blitar Kota Pantau Pasar Hewan Dimoro

Walikota Blitar Drs. Santoso bersama Kapolres Blitar Kota dan Dinas terkait dari Pemerintah Kota Blitar, memantau langsung aktivitas perdagangan sapi di Pasar Hewan Dimoro, Kota Blitar

Blitar, SMNNews.co.id – Walikota Blitar Drs. Santoso bersama Kapolres Blitar Kota dan Dinas terkait dari Pemerintah Kota Blitar, memantau langsung aktivitas perdagangan sapi di Pasar Hewan Dimoro, Kota Blitar, Selasa (17/5/2022).

Dalam hal ini, Walikota Blitar ingin memastikan sapi yang dijual belikan di Pasar Hewan Dimoro dalam kondisi sehat, hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Rangkaian langkah antisipatif terlihat dengan dilakukannya penyemprotan disinfektan kepada kendaraan yang mengangkut sapi yang baru datang, yang selanjutnya sapi dilakukan pemeriksaan mulut, kaki, dan pengecekan suhu tubuh.

Selepas memantau kondisi aktivitas di pasar tersebut, Walikota Blitar, Drs. Santoso mengatakan, “ada sekitar 400 ekor sapi yang masuk di Pasar Hewan Dimoro pada hari pasaran Jawa, Legi ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Blitar, melihat secara langsung proses pemeriksaan sapi yang baru datang di Pasar Hewan Dimoro, oleh petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bidang Peternakan Kota Blitar.

“Setelah dipantau, semua sapi kondisi aman. Minggu kemarin juga ada 1.000 ekor sapi lebih masuk ke Blitar, kami antisipasi dengan cara kendaraan yang masuk disemprot disinfektan, hewan dicek kesehatan, kalau ada gejala tidak boleh masuk,” katanya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Blitar tersebut kembali mengatakan, setelah dilakukan pemantauan, semua sapi yang masuk di Pasar Hewan Dimoro dalam kondisi sehat.

Ia juga meyakini, untuk di Kota Blitar sejauh ini belum ditemukan adanya wabah PMK yang menyerang hewan ternak.

“Sehingga, Pemerintah Kota Blitar memutuskan untuk tidak akan menutup operasional Pasar Dimoro,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono, S.H., S.I.K., M.Si mengatakan, Polres Blitar Kota saat ini sudah membentuk Satgas PMK, gabungan dari Polri, TNI, dan Pemkot Blitar.

Satgas PMK bertugas memastikan SOP aktivitas perdagangan sapi di Pasar Hewan Dimoro di tengah-tengah merebaknya kasus PMK saat ini.

“Jadi mulai kendaran pengangkut hewan datang dicek dokumen dan dilakukan pembersihan. Kalau dokumen meragukan, ada dokter hewan yang mengecek dan memastikan sapi sehat,” pungkas Kapolres Blitar Kota Argowiyono. (Adv/Kmf/bonaji)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...