HomeBERITAAntok Mundur, Kursi Ketua DPRD Ngawi Dikosongkan Hingga Usai Pilkada

Antok Mundur, Kursi Ketua DPRD Ngawi Dikosongkan Hingga Usai Pilkada

Rapat Paripurna digelar di DPRD Ngawi dengan agenda pengunduran diri Ketua DPRD, Rabu (02/09/2020)

NGAWI, SMNNews.co.id – Dwi Rianto Jatmiko atau acap disapa Antok, secara resmi mengundurkan diri dari anggota dan dari jabatan Ketua DPRD, dalam rapat paripurna hari Rabu (02/09/2020).

Mundurnya Antok ini berhubungan dengan langkahnya untuk menjadi kandidat Wakil Bupati Ngawi di Pilkada 2020.

“Ketentuan KPU untuk anggota dewan memang harus mundur bila maju dalam Pilkada,” ungkap Antok.

Antok dilepas dengan penuh dukungan dari semua parpol yang memiliki kursi di dewan atas langkahnya maju sebagai bacawabup. Pasangan Ony Anwar-Dwi Rianto Jatmiko ini bahkan diprediksi hanya akan melawan kolom kosong.

Dwi Rianto Jatmiko menerima tanda perpisahan dari anggota dewan, setelah mengajukan pengunduran dirinya.

Meskipun demikian, Antok yang juga Ketua DPC PDIP Ngawi ini menyatakan, partainya belum akan melakukan proses penggantian antar waktu untuk keanggotaan DPRD yang dia tinggalkan.

“Ada dua agenda ya nanti, pergantian antar waktu (PAW) dan Ketua DPRD, namun PDI Perjuangan masih belum melaksanakan proses ini hingga selesainya Pilkada,” katanya.

Keputusan PDI Perjuangan tersebut, untuk mencegah potensi konflik dan friksi yang dapat timbul di internal parpol.

“Waktunya juga tidak lama, lagipula kepemimpinan di DPRD itu kolektif kolegial, dalam hal ketua berhenti dari jabatannya maka wakil ketua dapat menunjuk salah satu untuk menggantikan tugasnya,” ujarnya.

Dwi Rianto Jatmiko sudah 16 tahun menjadi legislator dan 11 tahun atau hampir 3 periode diantaranya menjabat sebagai Ketua DPRD. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Perdana Hadiri Panen Raya, Pangdam V Brawijaya Perintahkan Semua Dandim di Jatim Kawal Stabilitas Ketahanan Pangan

NGAWI, SMNNews.co.id - Pangdam V Brawijaya, Mayjen Rafael Granada Baay menghadiri raya padi di Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kamis (19/4/2024). "Ini merupakan panen raya...

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...