HomeUMKMApa Pengertian Digital Marketing Dan Manfaatnya Untuk Bisnis?

Apa Pengertian Digital Marketing Dan Manfaatnya Untuk Bisnis?

Oleh: Edit Suwantara, S.E.
Koordinator Klinik Usaha Mikro Kota Kediri

 

Kediri, suaramedianasional.co.id – Pengertian Digital Marketing adalah aktifitas atau kegiatan pemasaran dengan serangkaian cara dan teknik yang menggunakan media digital yang bertujaan mendapatkan traffic, data, dan customer.

Pemasaran adalah serangkaian upaya untuk menyampaikan, menyebarluaskan, dan menawarkan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Sedangkan digital artinya peralatan canggih  yang identik dengan teknologi yang selalu berkembang dan memberikan kemudahan pada masyarakat.

Contoh-contoh media digital,  website, sosial media, online store, marketplace, digital payment, aplikasi, search engine, adalah teknologi digital modern yang paling akrab dengan masyarakat saat ini.

Diantara itu semua dapat dimanfaatkan untuk membantu pemasaran produk, usaha atau bisnis yang lebih modern dan potensial karena mempunyai akses nya sangat cepat dan luas jangkauannya.

Tujuan Utama Digital Marketing sebagai Pemasaran

Target Pemasaran

Tujuan utama dari “digital marketing” adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas. Selain itu juga bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau bisnis.

Meningkatkan Brand Awareness

Sebenarnya meningkatkan brand awareness adalah bagian dari pemasaran konvensional maupun digital, dimana tujuannya untuk mengenalkan suatu produk atau merek kepada masyarakat. Semakin terkenal suatu merek/brand maka semakin mudah diterima oleh konsumen.

 

Beriklan di televisi, baliho, radio yang biasa disebut iklan konvensional pada dasarnya adalah upaya meningkatkan brand Awareness. Di era digital bisa menggunakan display adverstiser Google Ads, atau Facebook dan Instagram.

Hukum pemasaran adalah semakin dikenal baik sebuah produk dan merk oleh khalayak, maka akan lebih mudah diterima oleh konsumen

Membangun Database Market

Bagaimana jika kita punya database market konsumen yang tepat dan sesuai dengan produk atau jasa kita?

Sebagai contoh bisnis hijab, dengan digital marketing bisa mengumpulkan prospek konsumen dengan kriteria wanita usia 18-40, muslim, dan suka fashion. Database ini nantinya bisa anda manfaatkan untuk menawarkan melalui email atau iklan yang sangat efektif dan efisien dalam kegiatan marketing digital.

Analysis Digital

Setelah menentukan target, yaitu menganalisa untuk menerapkan sistem digital marketing yang paling efektif dan efisien. Menggunakan beberapa macam alat sebagai halaman analisa untuk mengukur sebuah iklan, prilaku user, dan termasuk penggunaan anggaran iklan, sehingga benar-benar sesuai target pemasaran.

Seperti Google Analytisc, Search Console, Facebook Ads Manager, Instagram Insigt dll.

Media Digital Marketing yang Digunakan untuk Bisnis

  1. Website

Sejak dari dulu website menjadi pilihan banyak orang untuk kemudahan akses informasi, kecepatan tukar data, menyebar luaskan produk, tempat jual beli online, dan media promosi. Kita dapat memulai menggunakan digital marketing dengan membuat website bisnis yang tepat

 

Biaya membuat website tergolong murah untuk modal membangun bisnis jika dibandingkan dengan biaya untuk membuka toko atau kantor langsung. Jika sudah ada toko dan kantor dengan ditambah website akan lebih bagus lagi hasilnya

  1. Content Marketing

Content artinya adalah isi yang berada pada sebuah media digital misalnya seperti artikel pada website, postingan dan caption pada facebook dan Instagram, termasuk adalah video baik di youtube, website dan sosial media.

Tentu saja jenisnya yang mempunyai nilai marketing yaitu bisa menaraik perhatian, baik untuk meningkatkan brand awareness atau mendapatkan penjualan dari content marketing tersebut

  1. Sosial Media

Media jejaring sosial yang sangat ramai digunakan ratusan juta orang diseluruh dunia. Tempat saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Layanan sosial media sudah menawarkan tempat beriklan yang sangat murah khusus contohnya seperti beriklan di Facebook, Twitter dan Instagram

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing menjadi media online yang paling paling banyak digunakan orang mencari informasi. Search engine dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan konsumen yang tepat sesuai dengan apa yang di cari menggunakan Search Engine Optimization (SEO)

Kita bisa membuat banyak content yang dioptimasi SEO untuk mendapatkan banyak pengunjung website yang bisa menjadi peluang sebagai calon customer.

  1. Google Ads (Search Engine Marketing)

Search Engine Marketing iklan yang muncul di halaman teratas pencarian Google. Display Network iklan banner ads yang muncul di website dan blog yang ramai pengunjung. Youtube Ads, jika anda sering melihat iklan di Youtube ini adalah layanan iklan video dari Google.

  1. Email Marketing

Jika kita pernah menerima email yang berisikan promosi dari suatu layanan atau toko online misalnya, itulah penggunaan email sebagai marketing. Hampir semua pengguna internet sudah mempunyai email aktif yang potensial sebagai alat penawaran produk atau jasa.

Menggunakan email tidak bisa asal kirim, tetapi menggunakan database subscriber yaitu orang-orang yang berminat dengan dengan bisnis anda

  1. Langkah Cara Memulai Digital Marketing
  2. Membuat website dengan konsep dan desain yang tepat
  3. Mebuat content website yang sesuai dengan target marketing
  4. Membangun aset sosial media
  5. Membuat content marketing untuk website dan sosial media
  6. Menerapkan SEO untuk website
  7. Menggunakan iklan Google atau Facebook
  8. Membangun aset video content seperti Youtube
  9. Selalu belajar dari ahlinya dan mempraktekan

(edt)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Pipa PDAM Kota Malang Bocor dan Buat Jalan Ambrol, Satu Mobil Terperosok!

KOTA MALANG, SMNNews.co.id – Pipa PDAM yang terletak di perempatan Ranugrati Kota Malang jebol dan membuat jalan aspalnya ambrol. Hal ini menyebabkan satu mobil terperosok...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Musrenbang RPJPD Tahun 2025 – 2045

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Asahan tahun 2025-2045 di Aula Melati Kantor Bupati Asahan,...

Bupati Asahan Serahkan Plakat kepada Komandan Korem 022/Pantai Timur

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan yang di Wakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Buwono menyerahkan plakat kepada Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur di...