ASN Kemenag Harus Netral, Jaga Netralitas Selama Pilkada Kendal 2020

Pembinaan ASN Dan Pemtasyarufan Zakat Oleh Kemenag Jateng Mustain Ahmad,Kamis,15/10/2020

Kendal, Smnnews.co.id – Memasuki musim kampanye pada perhelatan pemilihan kepala daerah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yang tengah berlangsung, Kakanwil Kementrian Agama Safari Pembinaan ke seluruh jajarannya diberbagai Kabupaten dan Kota. Pemecatan bakal menanti ASN Kemenag, bilamana kedapatan dan terlibat perpolitikan dukung mendukung salah satu paslon bupati dan wakil bupati.

Demikian yang disampaikan oleh Mustain Ahmad Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah usai pentasyarufan bantuan sosial dari Unit Pengelola Zakat Baznas Kendal, berupa paket sembako dan sejumlah peralatan kerja ke para pedagang yang membutuhkan, di Aula KPRI Kemenag Kabupaten Kendal Kamis (15/10/2020).

Puluhan ASN dibawah naunganya sengaja dikumpulkan dengan tetap mematuhi standar protokol kesehatan Covid-19, mendapatkan pembinaan dari Kakanwil Jawa Tengah Mustain Ahmad terkait kinerja pegawai dalam melayani masyarakat, perlu ditingkatkan supaya lebih baik lagi dari sebelumnya.

Bukan hanya kinerja yang menjadi sorotan, Wilayah Jawa Tengah kini memasuki pelaksanaan Pilkada yang tengah berlangsung disejumlah Kabupaten dan Kota. Pegawai Negeri Sipil tersebut harus netral dalam melaksanakan tugasnya sebagai Abdi Negara, dikarenakan ancaman hukuman bila terjadi pelanggaran berat bisa dipecat.

Dalam kesempatan itu, Mustain Ahmad menyerahkan secara simbolis ke penerima zakat yang dihimpun dari UPZ Baznas Kendal, juga melakukan pembinaan guna meningkatkan etos kerja khususnya pelayanan ke masyarakat.

“Aparatur Sipil Negara dibawah Kemenag harus netral, sesuai dengan ketentuan undang undang tentang ASN yang berlaku dalam urusan politik untuk tetap menjaga netralitas selama pilkada berlangsung. Sesuai dengan regulasi tingkatan
pelanggaran, sanksi mulai dari teguran dan tertulis sampai pemecatan dengan tidak hormat,” jelas Musta’in.

Disamping menyerahkan bantuan paket sembako, dari Kemenag Kendal juga menyerahkan mesin parut kelapa dan gerobak yang terbuat dari kaca etalase untuk usaha makanan. (S11)