HomeJAWA TIMURKEDIRIAudiensi Ibu Bupati Kediri Bersama PHDI

Audiensi Ibu Bupati Kediri Bersama PHDI

Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno didampingi Kepala Dinas Kominfo Krisna Setiawan, SAP, MSi, perwakilan Bakesbangpol, dan Bagian Kesra menggelar audiensi dengan pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia di Ruang Rapat Bupati, Pemerintah Kabupaten Kediri, Selasa (12/2).

Kediri, Suaramedianasional.co.id – Di tengah padatnya agenda kegiatan Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno didampingi Kepala Dinas Kominfo Krisna Setiawan, SAP, MSi, perwakilan Bakesbangpol, dan Bagian Kesra menggelar audiensi dengan pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia di Ruang Rapat Bupati, Pemerintah Kabupaten Kediri, Selasa (12/2).

Kegiatan dilakukan guna memastikan kesiapan rangkaian kegiatan Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Saka 1941 pada bulan Maret mendatang. Terdapat lima rangkaian kegiatan yang disusun oleh PHDI pada perayaan Hari Raya Nyepi. Kegiatan ini termasuk kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan umat Hindu se-Kabupaten Kediri.

“Kedatangan kami ingin menyampaikan dan melaporkan atas akan dilaksanakannya kegiatan Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Saka 1941 pada bulan Maret nanti, yang mana juga bertepatan dengan tahun Pemilu. Sehingga untuk keamanan dan terjaganya acara, kami juga berkoordinasi dengan Forkopimda yang lain. Serta kami juga meminta doa dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kediri,” ucap Ketua PHDI Kabupten Kediri, Kadek Astrawan, S.E.

Dalam forum audensi, pengurus PDHI juga memaparkan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain Melasti yang merupakan penyucian buana alit doa bersama di Waduk Siman. Kemudian Tawur Agung Kesanga yaitu penyucian buana agung yang mana doa bersama setelah itu iring-iringan ogoh-ogoh memutari Monumen Tugu Garuda di Perempatan Pelem. Serta Pengrupukan yang merupakan keharmonisan alam dengan kirab ogoh-ogoh di desa masing-masing, Brata Penyepian, Ngembak Geni, serta Dharma Shanti sebagai penutup dari rangkaian acara Hari Raya Nyepi.

Selain itu Ketua Pelaksana Kegiatan Hari Raya Nyepi, Ir. Made Adi Jaya Prakasa juga menyampaikan, tema nasional dalam kegiatan keagamaan Hindu kali ini adalah ‘Melalui Catur Brata Penyepian Kita Sukseskan Pemilu 2019 Demi Keutuhan NKRI’. “Harapan kita walau bertepatan dengan pelaksanaan kegiatan pemilu, kita tetap guyub rukun dan damai,” ujarnya.

Pembahasan tidak hanya mengenai pelaksanaan Hari Raya Nyepi saja, Bupati Kediri juga membuka untuk memberikan pendapat maupun masukan, sehingga audensi ini tidak hanya sebatas komunikasi, akan tetapi menjadi wujud sinergitas Pemkab Kediri bersama PHDI.

“Saya titip kepada pengurus PHDI karena kegiatan ini bertepatan dengan Pilpres dan Pileg, kita semua harus saling menjag. Saya harap jangan ada keributan,” pesan Bupati Kediri. (Kominfo/adv/kan)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Kapolsek Larangan dan Anggota Datangi TKP Dugaan Seseorang Bunuh Diri

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Kapolsek Larangan Iptu Kadarisman, bersama anggotanya mendatangi TKP dugaan seseorang bunuh diri di Dsn. Kendal Ds. Blumbungan Kec. Larangan Kab. Pamekasan,...

Pandangan Umum Fraksi DPRD Kabupaten Blitar Tanggapi 3 Ranperda Usulan Bupati Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Blitar menanggapi 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usulan Bupati. Tanggapan itu dikemas dalam Rapat Paripurna dengan agenda...

Bupati Pasaman Sabar AS Terima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD)

PASAMAN, SMNNews.co.id - Dalam rangka penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah yakni Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja...