Awas! Penipu Ganjal Mesin ATM Gentayangan di Blitar

 

Mesin ATM yang dilaporkan diganjal, kini diberi garis polisi.

Blitar, suaramedianasional.co.id – Pengguna mesin ATM sebaiknya perlu waspada, sebab di Kota Blitar kembali ditemukan modus ganjal ATM. Seperti yang ditemukan petugas polisi pada Rabu (10/4) dini hari,  ada dua mesin ATM yang diganjal menggunakan isolasi.

Laporan mengenai mesin ATM yang janggal ini dibenarkan Kasatreskrim Polres Blitar Kota, AKP Heri Sugiono. Dua mesin ATM yang ada di depan Kantor Perhutani Blitar yakni di Jl. Shodanco Supriyadi, dilaporkan diganjal pada bagian slot memasukkan kartu ATM-nya.

“Kita mendapat laporan dari warga ada dua mesin yang dilaporkan diganjal pada bagian slot kartu ATM-nya. Tadi malam sudah kami datangi dan olah TKP,” ungkapnya.

Menurut Heri, tengara tentang mesin ATM yang diganjal ini harus diwaspadai karena bisa menjadi indikasi sedang berlangsung upaya penipuan. “Saat pengguna ATM memasukkan kartu, tidak akan terbaca oleh mesin padahal kartu juga tidak bisa keluar, atau biasa kita kenal kartu ATM tertelan,” ujarnya.

Saat nasabah kebingungan, di samping mesin sudah ada stiker berisi nomor yang bisa dihubungi saat ATM bermasalah. Layanan call centre yang terpampang di dalamnya tentu saja palsu dan terhubung pada penipu. “Jadi modusnya setelah slot kartu ATM diganjal, lantas kartu ATM tertelan, diharapkan korban akan menghubungi nomor call center palsu tersebut,” tambah Heri.

Saat ini polisi masih belum menemukan siapa pelaku pengganjal dan penempel stiker call centre palsu ini. Namun beberapa kartu ATM tampak terelan“Kemungkinan pelaku lebih dari satu orang, kita masih memeriksa rekaman CCTV di dua ATM tersebut,” imbuhnya. (jon)