HomeBERITABabinsa Panggungrejo Dampingi Vaksinasi Hewan Ternak di Wilayah Binaannya, Guna Cegah PMK

Babinsa Panggungrejo Dampingi Vaksinasi Hewan Ternak di Wilayah Binaannya, Guna Cegah PMK

Anggota Koramil Panggungrejo saat mengecek kandang hewan milik warga

BLITAR, SMNNews.co.id – Pemerintah tengah gencar memberantas adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pada hewan ternak yang tersebar di berbagai daerah.

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tergolong penyakit menular yang rentan menyerang pada hewan berkuku belah atau genap seperti halnya hewan ternak sapi.

Untuk mengantisipasi penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) diwilayah binaan, Babinsa Koramil Tipe B 0808/18 Panggungrejo Kodim 0808/Blitar Serda Sudarto, melaksanakan kegiatan pendampingan vaksinasi hewan ternak sapi oleh Petugas Keswan dari Dinas Peternakan Kab.Blitar, bertempat di Desa Kaligambir, Kec. Panggungrejo, Kab.Blitar, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga : Beri Rasa Aman, Babinsa Koramil 0805/04 Padas Kodim 0805 Ngawi Dampingi Penyaluran BLT DD

Serda Sudarto menuturkan, bahwa penyakit ini sangat berbahaya dan mudah sekali menular melalui kontak langsung antara hewan yang tertular, dengan hewan yang rentan penyakit melalui leleran lendir hidung dan serpihan kulit.

Kepada warga masyarakat yang memiliki hewan ternak sapi, agar rutin untuk membersihkan lingkungan kandangnya dan apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK segera laporkan ke dinas terkait, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan ternak yang lainnya,” ucapnya.

Babinsa Panggungrejo Serda Sudarto menambahkan, bahwa pencegahan penularan PMK ini dapat dilakukan dengan cara membersihkan kandang, peralatan, kendaraan dan bahan-bahan lain yang memungkinkan bisa menularkan PMK dengan deterjen atau disinfektan.

Baca Juga : Antisipasi Air Bersih Saat Kemarau, Warga Simo dan TNI Dirikan Tempat Penampungan Baru

Disamping itu, tidak lupa Serda Sudarto menghimbau kepada warga masyarakat agar tetap mematuhi disiplin protokol kesehatan, karena Covid 19 sampai saat ini masih ada,” ujarnya (Dim0808). (bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

BERITA LAINYA

Ratusan Warga Pohuwato Gorontalo Gelar Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

POHUWATO, SMNNews.co.id - Doa terus mengalir untuk para korban tragedi Stadion Kanjuruhan Malang. Diantaranya dari masyarakat Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. Ratusan orang menggelar doa bersama...