HomeBERITABakesbangpol Kabupaten Pasuruan Gelar Sosialisasi Sistem Deteksi dan Cegah Dini Terhadap Konflik...

Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan Gelar Sosialisasi Sistem Deteksi dan Cegah Dini Terhadap Konflik Masyarakat

Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan menggelar sosialisasi pembinaan sistem deteksi dini dan cegah dini terhadap konflik masyarakat

PASURUAN, SMNNews.co.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pasuruan menggelar sosialisasi pembinaan sistem deteksi dini dan cegah dini terhadap konflik masyarakat yang bertempat di RM. Ayam Betutu, Sumberagung, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Rabu (6/9/23).

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan, Kasat Intelkam Polresta Pasuruan, dua narasumber dan masyarakat yang diperkirakan 100 orang. Kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung oleh Eddy Supriyanto selaku Kepala Dinas Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan.

Ridwan Ovu selaku narasumber menerangkan tentang Konflik sosial yang artinya adalah pertentangan antar anggota masyarakat yang bersifat menyeluruh dalam kehidupan dan gangguan Kamtibmas (Keamanan dan ketertiban masyarakat).

Sementara itu, Sudiono Fauzan Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan juga menerangkan terkait peran tokoh masyarakat dan tokoh agama ketika terjadi konflik di masyarakat.

Tokoh masyarakat atau tokoh agama memiliki peran penting di masyarakat, ketika terjadi sebuah konflik di masyarakat sikapnya adalah menengahi, tidak membela satu kubu atau kelompok, tidak mengadili, dan bersikap bijaksana di tengah-tengah kubu tersebut dengan memberikan solusi yang bijaksana dan adil, apabila konflik tersebut melanggar perundang-undangan maka sebagai tokoh masyarakat harus mengarahkan konflik tersebut ke pihak berwenang, yaitu pihak yang bertugas secara resmi menegakkan peraturan perundang undangan dan berhak mengadili konflik tersebut.

Mengingat dalam waktu dekat ini ada tiga event politik, Pilkades, Pilkada, Pilpres. Event politik ini dikalangan masyarakat sering terjadi gesekan. Maka dari itu, diharapkan sosialisasi ini betul-betul bermanfaat dan masyarakat bisa menyerap ilmu yang didapat. Karena SDM di wilayah Pasuruan Timur bisa dikatakan masih rendah. (an)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Jamaah Haji Harus Tahu Ini, Vaksin Penting Demi Mengurangi Resiko Kematian!

SMNNews.co.id - Tercatat penyakit terbanyak yang menyebabkan jamaah haji meninggal dunia, ialah pneumonia, sepsis, syok kardiogenik, infark dan miokard akut (serangan jantung). Untuk mengurangi resiko...

Razia Balap Liar, Polisi Giring Puluhan Motor dan Pengendaranya dengan Berjalan Kaki ke Polres Pamekasan

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Polres Pamekasan kembali lakukan giat Razia Harkamtibmas Balap Liar dan Knalpot brong yang meresahkan masyarakat Pamekasan. Giat Harkamtibmas Balap Liar dan Knalpot...

Jaga Kondusifitas Keamanan, Polres Blitar Kota Amankan Puluhan Botol Miras Saat Patroli

KOTA BLITAR, SMNews.co.id - Polres Blitar Kota menggelar patroli rutin sebagai antisipasi gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) apalagi saat event internasional yang ada...