HomeBERITABaru Empat Hari Gelar Operasi Patuh Semeru, Satlantas Polres Madiun Berhasil Jaring...

Baru Empat Hari Gelar Operasi Patuh Semeru, Satlantas Polres Madiun Berhasil Jaring Ratusan Pelanggar Lalu Lintas

Petugas Satlantas Polres Madiun memakaikan helm pada anak-anak penumpang sepeda motor sebagai suatu tindakan humanis dalam Operasi Patuh Semeru.

MADIUN, SMNNews.co.id – Operasi Patuh Semeru 2022, yang dilancarkan Satlantas Polres Madiun, bukan hanya menindak pelanggar. Namun juga diisi dengan sosialisasi dan tindakan humanis tentang pentingnya patuh berlalu lintas, Jumat (17/6/2022).

Kanit Turjawali Satlantas Polres Madiun, Ipda Nanang Setiawan, saat melakukan sosalisasi di jalan simpang empat Pagotan, Kabupaten Madkun, menyatakan, adalah penting memberikan sosialisasi dan edukasi tertib berlalu lintas secara humanis.

“Salah satu tindakan humanis itu, kami tidak hanya memberi sanksi, namun juga memberikan helm pada pengendara sepeda motor yang lalai memakainya,” ujar Ipda Nanang.

Selain itu, disampaikan informasi bahwa naik sepeda motor berboncengan tiga, tanpa helm, pengendara di bawah umur dan surat tidak lengkap, adalah bentuk pelanggaran dan dapat dikenai sanksi tilang.

Operasi Patuh Semeru sendiri dilakukan sejak 13 Juni 2022 lalu dan berhasil menjaring 242 pelanggar, dari 1.626 kendaraan yang terpindai kamera mobil INCAR.

Sedangkan polisi yang langsung turun melakukan Operasi Patuh Semeru, tersebar di berbagai titik jalan di wilayah Kabupaten Madiun. Selama empat hari pelaksanaan operasi, ada 70 pelanggar yang ditindak.

“Ada 70 pelanggar yang ditindak, diantara pelanggaran mereka adalah pengendara di bawah umur, penggunaan knalpot brong, tidak memakai helm, berkendara sambil menggunakan HP dan tidak mengenakan sabuk pengaman,” ungkap Ipda Nanang.

Ipda Nanang juga menyatakan, ada beberapa kendala atas tindak lanjut surat tilang dari pelanggar yang terjaring oleh mobil INCAR.

“Kami alami kendala tentang konfirmasi surat tilang. Banyak kendaraan yang sudah berpindah tangan dari pemilik asli ke orang lain atau pemilik sudah pindah alamat,” ujarnya. (Penulis: Dodik Eko P)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...