HomeBERITABasekan Farm & Ranch, Wisata Edukasi yang Tawarkan Pesona Alam dan Aneka...

Basekan Farm & Ranch, Wisata Edukasi yang Tawarkan Pesona Alam dan Aneka Hewan Jinak

Rumah Hobbit, salah satu pesona di lokasi wisata Basekan Ranch & Farm di Dagangan, Kabupaten Madiun. (foto by: Dodik Eko P)

MADIUN, SMNNews.co.id – Ikan-ikan berkecipak, berenang memperebutkan makanan yang dibagikan gadis muda berjaket warna-warni. Di sisi lain, padang hijau terhampar.

Semilir angin menerpa jilbab dua perempuan muda, membuat carik kain yang membingkai kepala keduanya itu berkelebat menyambut sinar mentari pagi, saat mereka bercengkerama di tangga rumah berbentuk atap oval memanjang.

Rumah itu menyerupai bangunan kampung Hobbit di film Lord of The Ring. Bangunan yang tampak kokoh, tenang dan bersih serta menampilkan suasana nyaman dan hangat untuk disinggahi.

Itulah sekilas pemandangan lokasi wisata yang kini terkenal di media sosial. Rumah-rumah oval itu ada di Basekan Farm & Ranch, Banjarsari Wetan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun.

Menawarkan wisata edukasi mengenai alam dan fauna, tiap akhir pekan Basekan Farm & Ranch ini, laris dikunjungi warga Madiun dan sekitarnya.

Pengelola Basekan Farm & Ranch, membuka kesempatan pada pengunjung untuk memberi makanan pada hewan, seperti ikan, burung serta sapi.

Instagramable dan wow banget gitu. Ternyata di Madiun juga ada kayak begini ya, waktu pertama lihat di media sosial saya pikir ini di daerah lain, ternyata di Madiun,” ungkap Noviana, pengunjung asal Wungu, Kabupaten Madiun, Sabtu (15/1/2022).

Noviana juga mengaku senang sebab tiket masuk di lokasi wisata ini murah, yakni hanya dua ribu rupiah per orang.

“Padahal tempatnya sejuk, asri dan nyaman. Ternyata tidak mahal ongkos,” ungkapnya.

Kolam ikan yang luas di Basekan Farm& Ranch, memanjakan mata pengunjung. (foto by: Dodik Eko P)

Di Basekan Farm & Ranch ini, juga tersedia taman dan kolam renang anak. Pengunjung juga dapat menyewa kuda untuk merasakan sensasi menaiki hewan bersurai panjang ini.

Sedangkan bangunan beratap oval itu sendiri, sebenarnya diperuntukkan sebagai tempat pertemuan alias meeting room.

Salah satu petugas wisata Basekan Farm & Ranch bernama Mandung, mengemukakan, saat ini lokasi Basekan Farm hanya buka di hari libur atau Sabtu dan Minggu. Namun, hal itu tak menyurutkan minat pengunjungnya, terutama bagi warga di sekitar Mataraman.

“Pengunjung kebanyakan masih dari sekitar sini saja, mungkin juga karena dekat dan tiket masuk ke sini memang tidak mahal,” ungkapnya.

Tiket murah yang hanya dua ribu rupiah per orang, termasuk salah satu daya tarik kuat yang membuat orang berdatangan.

“Tak banyak tempat wisata murah meriah tetapi unik dan menarik untuk rehat sambil berswafoto, salah satunya ya di Basekan Farm and Ranch ini,” ujar Erniati, seorang perempuan muda yang gemar mengunggah pengalaman berwisata di medsosnya. (penulis: Dodik Eko P)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Rini Syarifah Terima Bantuan dari Kementerian PDTT

BLITAR, SMNNews.co.id – Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah menghadiri Kunjungan Kerja Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan Wakil Ketua DPR RI dalam...