HomeJAWA TIMURBLITARBatalkan Perayaan HUT Kota Blitar, Rp 15 M di Alihkan untuk Lawan...

Batalkan Perayaan HUT Kota Blitar, Rp 15 M di Alihkan untuk Lawan Covid-19 dan Bantuan Sembako

Plt. Walikota Santoso berpakaian jadul khas HUT Blitar membagikan masker ke pedagang pasar.

Blitar, SMNNews.co.id – Guna menangani penyebaran dan dampak Virus Corona (Covid-19), Pemerintah Kota Blitar menggelontor anggaran Rp 15 miliar untuk pembelian alat penunjang medis dan bantuan sembako warga yang terdampak.

Kebijakan ini disampaikan langsung oleh Plt Walikota Blitar, Santoso jika tahap awal ini pemkot menggeser atau mengalihkan semua anggaran terkait peringatan Hari Jadi Kota Blitar Ke-114 dan pos anggaran lain. “Semua anggaran yang tidak mendesak, dialihkan difokuskan untuk menangani Covid-19 secara tuntas dan jumlahnya sekitar Rp 15 miliar,” tutur Santoso, Selasa (31/3/2020).

Dijelaskannya, anggaran itu tadinya disiapkan untuk berbagai kegiatan memperingati Hari Jadi Kota Blitar ke-114 pada April 2020, namun semua kegiatan perayaan yang umumnya pengumpulan massa itu dibatalkan. “Angka Rp 15 miliar itu untuk tahap awal, memenuhi kebutuhan yang mendesak saat ini. Kalau jumlah kebutuhannya nanti, pasti jauh kebih besar,” jelasnya.

Adapun kebutuhan yang mendesak dan harus dipenuhi saat ini diungkapkan Santoso diantaranya peralatan penunjang medis seperti Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis, masker, sarung tangan, handsanitizer dan desinfektan. Untuk sterilisasi, penyemprotan yang terus dilakukan menyeluruh di seluruh wilayah Kota Blitar sampai perkampungan.

Selain melawan Covid-19, dampak ekonomi terhadap masyarakat kecil juga harus diperhatikan. Seperti buruh/pekerja harian, tukang becak dan PK5 yang tidak bisa bekerja. “Kami akan memberikan bantuan dalam bentuk sembako,” tandas Santoso.

Ditambahkan Santoso, jika pemberian bantuan sembako pada warga Kota Blitar yang terdampak Covid-19 tersebut, rencanya pada April 2020 ini.

“Secepatnya, setelah data dari kelurahan, kecamatan, dinsos dan pihak terkait lengkap dan terbaru sesuai kondisi dilapangan,” imbuhnya. (hms/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....

GP Ansor Jember Deklarasikan Ketuanya Maju Pilkada Kabupaten

JEMBER, SMNNews.co.id - Jajaran Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Jember mendeklarasikan Ketua Ansor Jember, Izzul Ashlah untuk maju dalam kontestasi Pilkada kabupaten Jember 2024,...