HomeBERITABAZNAS Jatim Targetkan Bedah 1001 Rumah di Tahun 2022

BAZNAS Jatim Targetkan Bedah 1001 Rumah di Tahun 2022

BASNAZ Jatim dan Bupati Ngawi di rumah layak huni milik warga Beran, yang sudah dibedah, Kamis (6/1/2022).

NGAWI, SMNNews.co.id – Program bedah rumah agar rumah warga miskin menjadi layak huni, terus digencarkan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jawa Timur. Targetnya, tahun 2022 akan memperbaiki 1001 unit rumah.

Jumlah perbaikan rumah warga miskin itu, juga mencakup wilayah Ngawi. Di kabupaten terbarat Jatim ini, BAZNAS Jatim berencana membantu bedah rumah sekitar 50 sampai 100 unit di tahun 2022. Pelaksanaannya, akan dikoordinasikan dengan BAZNAS Kabupaten Ngawi.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian BAZNAS Jatim, Achsanul Haq, menegaskan hal itu saat meresmikan bantuan bedah rumah warga bernama Kamso, di Jl. Jekitut, Desa Beran, Kecamatan/Kabupaten Ngawi, Kamis (6/1/2022).

Rumah milik keluarga Kamso itu merupakan rumah ke-10 di Kabupaten Ngawi ini, yang dibedah melalui pendanaan BAZNAS Jatim. Peresmian ini juga dihadiri Bupati Ngawi, Ony Anwar dan sejumlah aparat Desa Beran.

Pada kesempatan peresmian itu, Achsanul Haq juga menjelaskan bantuan selain bedah rumah, yang telah dikucurkan BAZNAS Jatim ke Kabupaten Ngawi. Diantaranya, pemberian dana tunai untuk 33 orang fakir miskin. Besarannya Rp300 ribu – Rp400 ribu per bulan.

“Ke depan, kami ingin lebih banyak lagi bisa membantu kesulitan warga miskin agar dapat memiliki rumah yang layak huni,” ujarnya.

Dana bantuan bedah rumah juga disiapkan BAZNAS Jatim untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang.

“Kita siapkan Rp1 M dalam bentuk dana tunai, akan kami berikan saat pemerintah di sana sudah memulai upaya perbaikan rumah atau relokasi warganya,” tutur Achsanul Haq.

Selain bantuan bedah rumah, Achsanul Haq memaparkan bahwa BAZNAS Jatim juga memberikan bantuan dalam bentuk lain seperti bantuan pendidikan untuk program Satu Rumah Satu Sarjana (SRSS).

“Syaratnya ya warga miskin, dinyatakan oleh surat keterangan pemerintah desa pun cukup. Tentu saja anaknya memang kuliah, nanti kita biayai selama 8 semester,” ungkapnya. ***

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...