HomeBERITABeberapa Genre Musik Yang Wajib Diketahui Untuk Para Musisi

Beberapa Genre Musik Yang Wajib Diketahui Untuk Para Musisi

Ilustrasi Pemutaran Musik (Sumber Foto : Google)

SMNNews.co.id – Genre musik digambarkan sebagai klasifikasi musik berdasarkan kesamaan. Klasifikasi ini berpotensi dimodifikasi berdasarkan kriteria lain, seperti kesamaan geografis.

Teknik musik, konteks, gaya, dan topik musik semuanya dapat digunakan untuk membantu menentukan genre musik.

Pada dasarnya genre musik tidak dapat didefinisikan secara tepat karena ketika seseorang mendefinisikan suatu genre, orang tersebut mendefinisikannya tanpa mempertimbangkan pertimbangan dari pihak lain.

Sebenarnya, ada kalanya sebuah lagu berisi dua genre tetapi hanya diberi label sebagai satu.

Berikut macam macam genre musik :

1. Jazz

Selanjutnya, jenis musik yang perlu kalian ketahui yaitu jenis musik jazz. Diketahui music jazz ini pertama kali muncul di Amerika dengan menggabungkan beberapa alat musik sehingga menghasilkan bunyi baru. Musik jazz sendiri penggabungan dari blues, ragtime, dan music-musik Eropa. Banyak orang yang menyukai jenis musik ini karena memiliki kesan tenang dan berkelas. Ada banyak musisi jazz terkenal di dunia seperti Louis Armstrong, John Coltrane, Miles Davis, Charlie Parker, Duke Ellington, Gill Evans, dan lainnya.

2. Musik Klasik

Jenis musik pertama yang bisa kalian ketahui yaitu musik klasik. Jenis musik yang satu ini rupanya sudah diketahui kebanyakan orang. Musik klasik sendiri merupakan jenis musik yang memiliki nilai seni yang tinggi. Diketahui, jenis musik ini sudah ada sejak lama dan masih diminati hingga sekarang. Adapun karakteristik jenis musik klasik yaitu susunan not dan nada yang indah sehingga banyak orang yang mengidolakan jenis musik ini. Contoh musik klasik seperti musik karya Mozart yaitu Symphony No.40, Piano Sonata No.16 in C Major, Piano Concerto No.21 dan masih banyak lagi.

3. Rock

Siapa sih yang nggak mengetahui jenis musik rock? Jenis musik yang satu ini memang sangat populer san banyak sekali pencintanya. Diketahui musik rock mulai dikenal pada tahun 1940-an dan hingga sekarang masih banyak yang menggemari jenis musik ini.

Musik rock biasanya khas dengan suara gitar listrik yang menjadi instrumen utama dalam setiap karya genre musik ini. Belum lagi ditambah dengan instrument suara bass, drum, dan instrument lainnya yang semakin menambah kesan menarik dalam musik rock. Adapun jenis karya musik rock dalam karya-karyanya Gun N Roses, Queen, Nirvana, Meat Loaf dan masih banyak lagi.

4. Country

Musik country merupakan jenis musik yang kental dengan nada yang ringan, ceria, dan santai. Musik country ini masih berkembang hingga saat ini, terutama di negara Amerika. Hingga kini masih banyak penyanyi dan band yang mengusung musik country untuk setiap karya-karyanya. Ciri dari jenis music yang satu ini yaitu memiliki nada yang ringan, santai, dan ceria. Musik country dari musisi Amerika bisa didapatkan dari karya-karya Little Big Town, Luke Bryan, Roller Coaster, Shania Twain dan masih banyak lagi.

5. Blues

Selanjutnya, jenis musik yang tak kalah banyak penggemarnya yaitu musik blues. Blues sendiri merupakan sebuah aliran instrumental musik vocal yang berasal dari penduduk Afro-Amerika. Perlu kalian ketahui jika nama blues sendiri tercipta dari konotasi perasaan frustasi dan melankolis. Blues awalnya berkembang sebagai musik puji-pujian bagi para budak Afrika di Amerika. Selain itu, jenis musik ini seringkali banyak dipopulerkan musisi dunia sebagai penyampaian bentuk protes untuk hak-hak kemanusiaan. Bisa dikatakan jika musik blues memiliki kesan yang sedih.

6. Pop

Jenis musik selanjutnya adalah musik pop. Jenis musik yang satu ini identik dengan memiliki nada dan lirik yang sederhana. Musik pop cenderung mudah dicerna dan mudah untuk dinyanyikan. Musik pop yang bisa diterima semua orang ini menjadikan musik pop adalah musik yang universal. Selain itu, jenis musik populer ini juga lebih mudah dipahami dan cocok untuk dinyanyikan atau disenandungkan.

7. Hip Hop

Terakhir, jenis musik yang perlu kalian ketahui yaitu jenis musik hip-hop. Musik yang berasal dari timur Amerika ini dianggap menjadi subgenre dari musik RnB. Jenis musik ini biasanya identik dengan lantunan lirik rap, atau lirik panjang yang diucapkan dengan cepat mengikuti beat musik hip hop itu sendiri.

8. Reggae

Musik reggae menjadi salah satu jenis musik yang mempunyai ciri khas dengan ritme backbeat dan progresif kord sederhana. Meskipun unsur utama Reggae dari ska dan rocksteady, salah satu jenis musik ini juga mengadopsi jazz, R&B dan Jamaican mento. Musik yang berasal dari Jamaika ini memuat atau menyampaikan pesan perdamaian hingga keseimbangan alam. Musik ini mempunyai alunan beat yang berdentum dengan khas. Penyanyi genre reggae yang terkenal meliputi Bob Marley, Toots Hibbert dan Jimmy Cliff.(red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Tabligh Akbar

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Tabligh Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Asahan ke-78 Tahun 2024 bertempat di Mesjid Agung Achmad Bakrie...

Momen Idul Fitri, Kejari Pasaman Gelar Halal Bihalal dan Silaturahmi

PASAMAN, SMNNews.co.id - Momen hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah kali ini, Kejaksaan Negeri Pasaman gelar open house sembari jalin silaturahmi dengan seluruh komponen...

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Bahas Dua Agenda Penting

BLITAR, SMNNews.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menggelar rapat paripurna, bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (18/04/2024). Rapat Paripurna yang...