HomeKISI-KISIBentuk Generasi Muda Berkarakter Koramil 0815/18 Gondang Gembleng Saka Wira Kartika

Bentuk Generasi Muda Berkarakter Koramil 0815/18 Gondang Gembleng Saka Wira Kartika

Saka Wira Kartika (SWK) Koramil 0815/18 Gondang melaksanakan latihan Krida Mountaineering.

Mojokerto, suaramedianasional.co.id – Saka Wira Kartika (SWK) Koramil 0815/18 Gondang melaksanakan latihan Krida Mountaineering bertempat di Bendungan Sungai Kromong Desa Padi, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Minggu (05/05/2019).

Kegiatan diawali dengan pembekalan materi teori yang berlangsung di Makoramil 0815/18 Gondang dan mendapat pembinaan langsung dari Serda Nurhidayat selaku Pamong Saka, dibantu Serka Suliyadi dan Sertu Mukhtar Lubis.

Setelah pemberian materi teori, selanjutnya sekitar 30 orang anggota SWK binaan Koramil 0815/18 Gondang menuju Bendungan Sungai Kromong Desa Padi untuk melaksanakan praktek Krida Mountaineering.

Pada kesempatan tersebut, anggota SWK juga dilatihkan gerakan refling dan merayap menggunakan satu tali (Rayapan Tali Satu).  Tidak itu saja, para peserta juga dilatihkan kekompakan, jiwa korsa dan semangat kebersamaan, salah satunya melalui acara makan siang bersama ala militer, yang dipandu langsung Serda Nurhidayat.

Untuk diketahui, Krida Mountaineering yaitu krida yang mempelajari tentang cara melintasi suatu kondisi alam seperti pegunungan, perbukitan dan tebing. Sementara Satuan Karya Pramuka (Saka) Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional, yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat, bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara dan kepramukaan.

Pada kesempatan berbeda Danramil 0815/18 Gondang Kapten Inf Wiyanto, mengungkapkan, latihan Krida Mountaineering bagi anggota Saka Wira Kartika Koramil 0815/18 Gondang bertujuan untuk memantapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang kepramukaan khususnya pada.

“Tidak hanya ilmu kepramukaan, dalam latihan ini juga ditanamkan wawasan kebangsaan, sesuai dengan tujuan pembentukan Saka Wira Kartika yakni untuk mengembangkan kepramukaan dan wawasan kebangsaan guna membentuk generasi muda yang berkarakter,” ungkapnya. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...