HomeJAWA TIMURMALANG RAYABerangkatkan Ekspedisi Puncak Mahameru, Sekdaprov Heru Minta para Offroader Jaga Lingkungan dan...

Berangkatkan Ekspedisi Puncak Mahameru, Sekdaprov Heru Minta para Offroader Jaga Lingkungan dan Promosikan Wisata Jatim

Sekda Prov Jatim Memberikan Arahan Kepada Peserta Bapenda Jatim Adventure Team

Malang, suaramedianasional.co.id – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono meminta kepada para offroader yang mengikuti ekspedisi ke puncak Gunung Semeru (Puncak Mahameru), untuk menjaga lingkungan, sekaligus ikut mempromosikan keindahan wisata Jatim. Tujuannya agar destinasi wisata di Jatim tetap terjaga keindahannya, serta semakin dikenal oleh masyarakat luas.

“Pesan saya yang pertama, jagalah kebersihan. Jangan sampai meninggalkan satu puntung rokok pun dimanapun kita berada,” kata Sekdaprov Heru saat memberangkatkan ekspedisi Bapenda Jatim Adventure Team, Pengibaran & Pembentangan “Jatim Cettar”  di Puncak Mahameru, yang dilaksanakan di halaman Kantor UPTD Bapenda Malang Selatan, Kamis (1/8) pagi.

Sekdaprov Heru mengatakan, Puncak Mahameru merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di Jatim. Karena itu, para offroader (sebutan untuk penggemar olahraga otomotif offroad), wajib menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, mulai dari keberangkatan sampai finish. 

 “Jadi begitu kita datang, kita bersihkan lingkungannya, lalu begitu kita tinggal, juga harus bersih. Contohnya jika ingin membuat api unggun, begitu selesai, langsung dibersihkan,” katanya sembari menambahkan, selain menjaga lingkungan, para offroader juga diharapkan ikut mempromosikan keindahan Puncak Mahameru agar semakin dikenal masyarakat luas.

Lebih lanjut Sekdaprov Heru mengatakan, selain menjaga dan mempromosikan Puncak Mahameru, ekspedisi tersebut bertujuan untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Negara Republik Indonesia, memperingati hari ulang tahun Provinsi Jawa Timur, serta menggaungkan program “Jatim Cettar” yang merupakan program pembangunan Jatim selama lima tahun kedepan.

. Karena itu, imbuh Sekdaprov Heru, salah satu agenda dalam ekspedisi ini adalah mengibarkan tiga bendera di Puncak Mahameru. Yakni bendera kebangsaan Indonesia, merah putih, lalu bendera Provinsi Jawa Timur, serta yang ketiga adalah bendera “Jatim Cettar”, yang merupakan singkatan dari Cepat, Efektif, Tanggap, Transparan, Akuntabel, dan Responsif.

“Ini adalah salah satu upaya untuk menunjukkan semangat perjuangan, bahwa kita harus menjaga NKRI dan rasa nasionalisme kita. Lalu kita kibarkan bendera Jawa Timur, serta bendera Jatim Cettar, guna menunjukkan kepada masyarakat tentang program ibu gubernur dalam lima tahun kedepan” imbuh pria yang sudah tiga kali menaklukkan Puncak Mahameru ini. 

Dalam sambutannya, Kepala Bapenda Jatim, Boedi Prijo Soeprajitno mengatakan, kegiatan yang diikuti oleh 17 Kepala UPT serta 61 staf dari Bapenda se-Jatim ini bertujuan untuk memperingati HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI, HUT Pemprov Jatim, serta HUT Bapenda Jatim. 

Salah satu agendanya, lanjut Kepala Bapenda Boedi, adalah memberikan santunan pada anak yatim dan kaum dhuafa, lalu menanam sebanyak lima ratus bibit pohon cemara di Ranu Pane, yang berada di kaki Gunung Semeru. Kemudian, sesampainya di Puncak Mahameru, akan dilakukan pengibaran bendera merah putih, bendera lambang Jawa Timur, sekaligus Jatim Cettar. 

“Ini adalah satu event yang insya Allah mudah-mudahan bisa menjadi makna tersendiri bagi kami, bisa memacu dan menyemangati kami untuk terus mengemban amanah kedinasan, dan terutama juga kita mendekatkan diri kepada Sang Khalik, untuk mendekatkan dan lebih mengenalkan alam dan sekitarnya,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari panitia, terdapat 20 mobil jeep dari berbagai merk yang mengikuti ekspedisi yang direncanakan berlangsung selama tiga hari (1-3 Agustus 2019) ini. Adapun rute keberangkatan yang ditempuh adalah start dari UPTD Bapenda Malang Selatan-Ranupane-Pos TNBTS-Ranu Kumbolo-Kalimati-Puncak Mahameru.

Hadir dalam kesempatan ini, Sekretaris Bapenda Jatim, para kepala UPTD Bapenda Jatim, serta wartawan dari berbagai media. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...