HomeSUARA DAERAHBerangkatkan Mudik Gratis, Wagub Emil Minta Pemudik Kunjungi Desa Wisata di Kampung Halaman

Berangkatkan Mudik Gratis, Wagub Emil Minta Pemudik Kunjungi Desa Wisata di Kampung Halaman

Wagub Emil, saat memberangkatkan mudik gratis bareng Indomaret Tahun 2019 bersama Prajurit Pasmar di halaman Mako Pasmar 2, Gedangan, Kab. Sidoarjo, Jumat (31/5) pagi.

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak meminta para pemudik untuk mengunjungi desa wisata di kampung halaman. Dengan berkunjung ke desa wisata yang saat ini sudah banyak yang maju dan dikelola dengan baik, para pemudik akan berkontribusi dalam menggairahkan perekonomian di desa.
Panjenengan pulang, lalu berkunjung dan berbelanja ke desa-desa wisata di kampung halaman, hari ini banyak desa-desa wisata yang dikelola dengan baik, silahkan dikunjungi, kata Wagub Emil, saat memberangkatkan mudik gratis bareng Indomaret Tahun 2019 bersama Prajurit Pasmar di halaman Mako Pasmar 2, Gedangan, Kab. Sidoarjo, Jumat (31/5) pagi.
Wagub Emil mengatakan, dengan mengunjungi dan berbelanja ke desa-desa wisata, maka para pemudik juga berperan dalam menyeimbangkan perekonomian di Jatim. Sebab setengah dari perekonomian di Jatim hanya berada di lima kabupaten/kota, yakni Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, dan Pasuruan.
Ekonomi di Jatim itu ada sekitar Rp. 2.200 triliun, sedangkan anggaran Pemprov Jatim hanya Rp. 30 triliun. Dari sekitar Rp. 2.000 triliun itu, setengahnya ada di lima daerah tersebut. Padahal Jatim memiliki 38 kabupaten/kota, jadi ini sangat timpang, kata orang nomor dua di Jatim ini.
Begitu panjenengan ke desa wisata, beli makanan, miuman, dan produk asli daerah, maka yang tadinya timpang itu bisa agak berkurang. Inilah yang namanya membawa berkah, dan jika niatnya membawa berkah, InshaAllah panjenengan diparingi rezeki yang lebih banyak lagi setelah kembali dari kampung halaman, lanjut Wagub Emil.
Ditambahkannya, sangat banyak desa wisata yang sudah maju dan memiliki keunikan tersendiri di Jatim. Diantaranya, Desa Genilangit, dan Desa Sarangan di Magetan, lalu Desa Golan, yang terkenal sebagai penghasil getuk di Ponorogo, Desa Nglebo yang terdapat Wisata Gunung Linggo di Trenggalek, sampai wisata kawah Ijen di Banyuwangi.
Wagub Emil juga memberi apresiasi atas penyelenggaraan mudik gratis oleh berbagai pihak, baik BUMN, BUMD, Polri, TNI, dan swasta. Menurutnya, kegiatan ini selain memberi kebahagiaan pada para pemudik dan keluarganya, juga sangat membantu pemerintah dalam memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat.
Kalau pemerintah saja yang menyelenggarakan, tidak mungkin cukup. Maka kehadiran kami disini sebagai ungkapan terima kasih. Program mudik gratis seperti ini, kita harus menggandeng dunia usaha untuk berbagi kepedulian dan kebahagiaan di momen Idul Fitri, pungkasnya.
Dalam sambutannya, Branch Manager PT. Indomaret Surabaya, Trianto mengatakan, pihaknya menyediakan 20 bus dalam program mudik gratis di Pasmar 2 ini. Ke-20 bus tersebut dibagi kedalam 9 kota tujuan, yakni Semarang, Solo, Tegal, Purwokerto, Banyuwangi, Probolinggo/Trenggalek, Magetan, dan Jogjakarta.
Hadir dalam kesempatan ini, Komandan Detasemen Markas Pasmar 2 Letkol Marinir Andi Ichsan, para petinggi PT. Indomaret, dan ribuan peserta mudik. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....

GP Ansor Jember Deklarasikan Ketuanya Maju Pilkada Kabupaten

JEMBER, SMNNews.co.id - Jajaran Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Jember mendeklarasikan Ketua Ansor Jember, Izzul Ashlah untuk maju dalam kontestasi Pilkada kabupaten Jember 2024,...