HomeJAWA BARATBerawal dari Korban Masalah Sampah, Pandawara Group Menginspirasi Banyak Orang

Berawal dari Korban Masalah Sampah, Pandawara Group Menginspirasi Banyak Orang

Anggota Pandawara Group (Sumber Foto : Google)

BANDUNG, SMNNews.co.id – Media sosial TikTok baru-baru ini dihebohkan dengan aksi sekelompok pemuda di Bandung, Jawa Barat. Mereka telah menjadi viral karena tindakan sosial mereka untuk melindungi lingkungan. Mereka adalah grup Pandawara yang terdiri dari Rafly, Gilang, Agung, Ikhsan dan Rifki. Dinamakan Grup Pandawara karena beranggotakan lima orang seperti Pandawa, tokoh dalam Mahabharata. Wara sendiri berarti berita dalam bahasa sunda. Jika diartikan secara lengkap Pandawara berarti sekelompok pemuda yang membawa kabar baik. Aksinya pertama kali menjadi viral karena video dirinya sedang membersihkan tumpukan sampah di selokan.

Akun TikTok dengan username @pandawaragroup yang saat ini memiliki lebih dari 3 juta followers dan 47 juta likes ini menuai pujian dari berbagai kalangan. Konten yang mereka bagikan adalah video tentang membersihkan sampah di sungai. Lewat podcast di kanal YouTube Denny Sumargo, mereka menceritakan proses mulai terjun membersihkan sampah di sungai. Gilang mengatakan aksi mereka tidak hanya sekedar membuat konten, berawal dari keresahan bencana alam banjir yang sering terjadi dan merendam rumahnya. sebelum memiliki akun tiktok mereka sudah sering melakukan bakti sosial membersihkan sampah di lingkungan rumahnya.

Tujuan dari konten mereka adalah mengedukasi masyarakat melalui video TikTok yang mereka unggah sebagai contoh menjaga kebersihan lingkungan dan bukti bahwa masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. menjaga kebersihan alam. Saat ini, mereka membersihkan hingga 80 titik sungai dalam setahun. Waktu pembersihan sungai terpendek adalah 2 jam dan terlama adalah 2 hari. Dari 80 titik yang dibersihkan, itu adalah anak sungai, sungai induk,parit, dan got.

Baca Juga : Kapolsek Ponggok Pimpin Upacara Bendera di MTSN Ponggok

Pandawara juga memperbanyak titik pembersihan lokasi sungai yang banyak sampahnya dan sangat kotor sehingga bisa menyebabkan banjir. Memang sampah di sekitar rumahnya terkadang berasal dari sungai lain yang menumpuk dan bisa menyebabkan banjir. Dalam aksi sosial ini, kelompok Pandawara hanya menggunakan uang pribadinya yang kemudian digunakan untuk menyewa mobil bak terbuka, membeli kantong sampah dan peralatan lainnya untuk membersihkan sampah.

Tentu saja, ini tidak selalu berjalan mulus. Banyak hal yang terjadi di luar kendali mereka. Mereka bertemu ular besar, diperas saat hendak membuang sampah ke TPA, bahkan Ikhsan anggota Pandawara nyaris tenggelam akibat air tinggi yang tiba-tiba. Meski sudah terbiasa membuang sampah, terkadang mereka merasa mual jika area yang akan dibersihkan terlalu kotor.

Meski banyak netizen yang menganggap aksinya hanya untuk kepuasan semata, Pandawara Group tetap fokus pada tujuannya, yaitu mengedukasi masyarakat. Hal itu terlihat dari postingan Instagram Pandawara @pandawaragroup yang memperlihatkan aksi serupa yang dilakukan anak-anak kepada mereka.

Pandawara juga menceritakan kendala yang mereka temui selama proses pembersihan, yaitu kurangnya alat yang membuat sulitnya membersihkan sampah. Pada awalnya tidak banyak media yang memberitakan tentang perbuatan mulia mereka, bahkan sekarang pun tidak banyak media yang memberitakan tentang perbuatan Pandawara Group. Bahkan kontennya mengandung edukasi yang patut ditiru oleh masyarakat. Butuh waktu lama bagi mereka untuk dikenal publik Grup Pandawara juga dinobatkan sebagai Pahlawan Lokal TikTok 2022 karena kontennya yang menginspirasi. Beberapa waktu lalu, Ridwan Kamil membagikan postingan di akun Twitter pribadinya yang menunjukkan afiliasinya dengan grup Pandawara.

Baca Juga : Tokoh Muda Kota Malang Sebut Beberapa Cabor Ingin Usung “Maman Mujiono” pada Musorkotlub KONI Kota Malang

Selain itu, Pandawara Group juga didukung oleh BUMN dan berbagai instansi pemerintah lainnya dan program tersebut saat ini sedang berjalan. Singkatnya, mereka juga berharap Pandawara di kota lain akan lebih banyak Mereka juga menyarankan untuk tidak saling menyalahkan, karena ini adalah kesadaran bersama Kami berharap kehadiran kelompok Pandawara menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuangnya ke sungai Untuk kehidupan masa depan, cintai alam.

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...