HomeEKBISBermanfaat dan Makin Banyak Peminat, Mahasiswa KKN UAD Gelar Penyuluhan Budidaya TOGA

Bermanfaat dan Makin Banyak Peminat, Mahasiswa KKN UAD Gelar Penyuluhan Budidaya TOGA

Mahasiswa KKN UAD 2022 di Desa Jatimulyo, Kabupaten Bantul.

Yogyakarta, SMNNews.co.id – Mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar penyuluhan tentang budidaya Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Kelurahan Jatimulyo, Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY.

Penyuluhan itu merupakan kolaborasi mahasiswa KKN UAD Unit XII.B 3 dan unit XII.B.1. Digelar 19 Februari 2022 lalu, kegiaran ini mengambil tema “Identifikasi Organoleptis Tanaman Herbal dan Khasiat serta Cara Pengolahan Tanaman Obat Keluarga.”

Anisa, salah satu pantia penyuluhan menyatakan, manfaat TOGA makin dirasakan masyarakat dalam menambah imun tubuh, apalagi dimasa pandemi. Tak mengherankan pula bila peminat penyuluhan TOGA juga semakin banyak.

“Kami harap kegiatan ini menjadi manfaat bagi masyarakat dan mampu membudidayakan TOGA di lingkungan sendiri,” ungkapnya.

Kintoko, akademisi yang juga pemateri dan dosen pembimbing lapangan, bernama Heni, memuji kegiatan penyuluhan itu serta berharap dapat diimplementasikan oleh warga dusun.

Sebagai tindak lanjut dari penyuluhan itu, mahasiswa KKN unit XII.B.3 menanam TOGA bersama masyarakat di areal dekat Masjid Nurul Hikmah, Dusun Maladan, pada 24 Februari 2022 lalu,

Penanaman itu sengaja memilih TOGA yang sesuai iklim setempat. Diantaranya kumis kucing, sambiloto, daun dewa, sirih, keji beling, stevia, jahe, kencur, kunyit dan sebagainya, hingga mencapai 20 jenis.

Takmir Masjid Nurul Hikmah pun, mengaku senang dengan adanya kebun TOGA itu. Selama ini, sebagian tanaman itu tumbuh liar di pinggir jalan bahkan di hutan. Ternyata selain dapat dijadikan sumber obat herbal, juga berpotensi ekonomi, bila dikelola dengan baik.

“Kalau dibuatkan kebun seperti ini, jadi lebih mudah diolah,” ujar Iskandar, salah satu Takmir Masjid Nurul Hikmah. ***

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Perdana Hadiri Panen Raya, Pangdam V Brawijaya Perintahkan Semua Dandim di Jatim Kawal Stabilitas Ketahanan Pangan

NGAWI, SMNNews.co.id - Pangdam V Brawijaya, Mayjen Rafael Granada Baay menghadiri raya padi di Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kamis (19/4/2024). "Ini merupakan panen raya...

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...