HomeADVERTORIALBersama UNAIR! Pemkab Banyuwangi Galakkan Penanaman Cemara Gunung di Kawasan Konservasi Ijen

Bersama UNAIR! Pemkab Banyuwangi Galakkan Penanaman Cemara Gunung di Kawasan Konservasi Ijen

Pemkab Banyuwangi bersama UNAIR galakkan penanaman Cemara Gunung di Kawasan Konservasi Gunung Ijen Banyuwangi

BANYUWANGI, SMNNews.co.id – Universitas Airlangga (Unair), Bersama Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA), Pemkab Banyuwangi menggalakkan penanaman Cemara Gunung, di Kawasan Konservasi Gunung Ijen Banyuwangi.

Cemara Gunung dipilih karena merupakan tanaman endemik pegunungan Ijen. Ini bertujuan untuk melestarikan fungsi hutan di kawasan Ijen. Selain itu juga memberikan wawasan masyarakat tentang isu perubahan iklim.

“Upaya penanaman pohon ini sangat penting. Selama ini pemkab banyak mendorong dan melakukan penanaman pohon untuk penghijauan, terutama di Kawasan Ijen yang saat telah menjadi kawasan Geopark Ijen,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Rabu (7/12/2022).

Ipuk menambahkan penggalakan penanaman Cemara Gunung juga untuk menjaga kelestarian kawasan konservasi Ijen sebagai benteng ketahanan ekologi, ketahanan bencana, ketahanan ekonomi, serta antisipasi terhadap global warming. “Dengan demikian bisa melestarikan fungsi hutan di Ijen, yang merupakan salah satu favorit wisata di Banyuwangi,” ujarnya.

Melalui penanaman ini, Ipuk juga berharap juga dapat mengedukasi masyarakat di sekitar kawasan hutan untuk turut menjaga kelestarian alamnya.

Pada Minggu (4/12/202) juga, telah dilakukan penanaman Cemara Gunung di Paltuding (Lereng Gunung Ijen) Desa Tamansari, Kecamatan Licin. Turut hadir Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi BKSDA, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata Banyuwangi, Ijen Geopark, siswa SMA/SMK hingga mahasiswa SIKIA Universitas Airlangga.

“Pelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Penaman ini bersinergi dengan Pemkab Banyuwangi, Dinas Lingkungan Hidup, BKSDA, dan lainnya,” jelas Direktur SIKIA UNAIR Soetojo.

Salah satu mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Sikia Unair, Diana Anwar (20), mengaku senang bisa terlibat langsung dalam pelestarian geopark tersebut.

“Selain kesehatan, kami juga diajarkan konsep keberlanjutan dan konsep green economy. Semoga langkah kecil kami menjadi awal dari sebuah program besar membawa kebaikan bersama dan melesrarikan hutan Gunung Ijen,” terang Diana. (adv/rica)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...