BPBD Kabupaten Probolinggo Gelar Pemantapan Penanggulangan Bencana

Kepala pelaksana BPBD Anggit Hermanuadi bersama para relawan dalam kegiatan Pemantapan.

Probolinggo, suaramedianasional.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Senin (18/2/2019) menggelar pemantapan peran relawan dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Probolinggo di Restoran ORIN Probolinggo.
Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi ini diikuti oleh 55 orang peserta terdiri dari Komunitas Kobar Bromo, Senkom dan Relawan BPBD yang tersebar di 24 Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan peran relawan sangat signifikan dalam penanggulangan bencana, sehingga tidak berlebihan jika apresiasi yang tinggi diberikan kepada para relawan khususnya yang berada di Kabupaten Probolinggo yang telah mendedikasikan waktu dan tenaga serta jejaringnya dalam semua proses penanggulangan bencana.
“Diharapkan semua elemen relawan terus menjaga solidaritas dan kesetiakawanan sosial serta menebarkannya di lingkungan sekitar dan mengajak partisipasi masyarakat menjadi relawan-relawan di berbagai bidang,” katanya.
Lebih lanjut Anggit , menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk mengingatkan bahwa peran relawan sangat vital dalam setiap penanggulangan bencana alam dan bencana sosial di Kabupaten Probolinggo. Oleh karena itu di tahap kesiapsiagaan maupun layanan saat dan pasca bencana dirasa perlu disinkronkan agar ada kesamaan gerak dan langkah serta persepsi terhadap kejadian bencana yang terjadi.“Dengan tujuan akhir adalah dapat bergerak cepat dan tepat serta berhasil guna dalam penanggulangan bencana. Salam tangguh, salam kemanusiaan,” pungkasnya. (edy)