HomeBERITABudaya Tiban Asli Trenggalek Terus di Pertahankan

Budaya Tiban Asli Trenggalek Terus di Pertahankan

Prosesi tiban yang di adakan di dukuh ndarungan desa kerjo

Trenggalek, SMNNews.co.id – Ujung atau biasa disebut pecut, merupakan peralatan utama dalam pagelaran seni tari Tiban. Biasanya ujung terbuat dari lidi pohon aren yang dijadikan satu kemudian di tali. Uniknya, saat ujung ini di sabetkan ke lawan akan berbunyi seperti petasan.

Sebelum pagelaran Tari Tiban dimulai, biasanya peserta membuat ujung terlebih dahulu. Karena ujung inilah yang nanti digunakan sebagai senjata sekaligus perisai saat berada di dalam kalangan.

Yahdi Pelatih atau biass disebut Landang Tiban di Kabupaten Trenggalek menerangkan kegiatan tiban seperti ini merupakan serangkaian upaya masyarakat dalam melestarikan budaya nenek moyang. Karena nguri – nguri kabudayan merupakan salah satu kewajiban kita. 

Tiban tidak hanya sekedar saling mencambuk tanpa ada aturan yang jelas. Yahdi menyampaikan bahwa saat mengabetkan ujung, peserta tidak boleh mengenai leher ke atas dan pusar kebawah.

“Bagi peserta yang sebelumnya belum pernah ikut dan ingin ikut tidak perlu kawatir, pasalnya dalam kalangan sudah ada ladang atau wasitnya sendiri,” ungkapnya, Senin (28/10/2019).

Sementara itu, diungkapkan Gun Kenyeng, pemuda yang sudah menggeluti tarian tiban puluhan tahun punya cara tersendiri untuk menyembuhkan luka yang muncul akibat tarian Tiban. Menurutnya, jika sudah masuk kalangan tidak ada permusuhan ataupun dendam. 

“Karena menurutnya penghobi seperti gun dan kawannya hanya berupaya melestarikan budaya kesenian tiban,” pungkasnya. (Rud)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....

GP Ansor Jember Deklarasikan Ketuanya Maju Pilkada Kabupaten

JEMBER, SMNNews.co.id - Jajaran Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Jember mendeklarasikan Ketua Ansor Jember, Izzul Ashlah untuk maju dalam kontestasi Pilkada kabupaten Jember 2024,...