HomeBERITABupati Blitar Buka Sosialisasi Hutan Rakyat dan Serahkan SK Perhutanan Sosial

Bupati Blitar Buka Sosialisasi Hutan Rakyat dan Serahkan SK Perhutanan Sosial

Bupati Blitar Rini Syarifaf membuka sosialisasi Hutan Rakyat dan menyerahkan SK Perhutanan Sosial

BLITAR, SMNNews.co.id – Secara simbolis Bupati Blitar Rini Syarifah menyerahkan SK Perhutanan Sosial kepada warga Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi yang akan mengelola perhutanan sosial, Senin (20/11/2023).

290 orang anggota masyarakat pengelola perhutanan sosial akan mengelola lahan mencapai seluas 455 hektar untuk jangka waktu hingga 35 tahun.

Disamping penyerahan SK Perhutanan Sosial, Bupati Rini Syarifah juga membuka Sosialisasi Pengembangan Usaha Ekonomi Desa Melalui Implementasi Hutan Desa.

Dalam sambutannya, Bupati Blitar menyampaikan, penyerahan SK Perhutanan Sosial pada hari ini menandai langkah besar dalam mengukuhkan komitmen kita untuk mewujudkan pengelolaan hutan yang berkelanjutan.

Yang di mana peran masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga kelestarian alam dan menciptakan kesejahteraan bersama.

“Saya berharap kepada masyarakat yang menerima SK Perhutanan Sosial supaya bisa memaksimalkan dan mengelolanya dengan baik, untuk menjaga keberlanjutan hutan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Blitar.

Lebih lanjut Bupati Blitar mengatakan, melalui SK Perhutanan Sosial ini, kita memberikan pengakuan dan tanggung jawab kepada masyarakat yang telah terlibat aktif dalam pengelolaan hutan.

Menurutnya, ini bukan hanya sebuah legalitas semata, tetapi juga simbol kepercayaan bahwa masyarakat mampu menjadi agen perubahan positif dalam menjaga hutan dan lingkungan sekitar.

“Rancangan perhutanan sosial ini merupakan hasil dari sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak-pihak terkait. Oleh karena itu, hari ini adalah bukti bahwa kolaborasi dan keterlibatan aktif semua pihak membuahkan hasil yang nyata,” ungkapnya.

Bupati juga mengatakan, seiring dengan pemberian SK Perhutanan Sosial, terdapat tanggung jawab besar yang harus diemban oleh masyarakat yang diberi kepercayaan ini.

“Pengelolaan hutan yang berkelanjutan memerlukan kedisiplinan, kearifan lokal, dan kesadaran akan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem. Dengan semangat gotong royong dan kesadaran bersama, saya yakin, kita dapat menjalankan tugas ini dengan baik,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Blitar Iwan D. Winarto di tempat yang sama juga menyampaikan, Kami bersama tim berusaha untuk mengupayakan agar warga Desa Ngadirenggo ini bisa mendapatkan haknya.

“Semoga dengan diserahkan SK tersebut oleh Bupati Blitar, warga masyarakat semakin sejahtera untuk menunjang penghasilannya, karena semua itu untuk masyarakat Kabupaten Blitar,” ujar Iwan. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Demo di Depan Kantor BRI Sampang Ricuh, Dua Masa Aksi di Amankan Polisi

SAMPANG, SMNNews.co.id – Ratusan Masa aksi yang mengatas namakan Aliansi Masyarakat dan Simpatisan Desa Gunung Rancak, mendatangi kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sampang sempat...

Satreskrim Polres Pasuruan Kota Berhasil Ungkap Kasus Pembunuhan yang Direncanakan

PASURUAN, SMNNews.co.id - Satreskrim Polres Pasuruan Kota mengungkap kasus pembunuhan yang direncanakan oleh tersangka berinisial R kepada korbannya yang berinisial E dengan tempat kejadian...

DPRD Kabupaten Pasuruan Gelar Khitanan Massal

PASURUAN, SMNNews.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan menggelar khitanan massal yang di gelar halaman belakang pada, Senin (4/12/23) pagi. Khitanan massal ini...