HomeBERITABupati Blitar Rijanto Apresiasi Budidaya Nila Kekar Desa Tembalang, Dorong Ketahanan Pangan...

Bupati Blitar Rijanto Apresiasi Budidaya Nila Kekar Desa Tembalang, Dorong Ketahanan Pangan Era Covid-19

Bupati Rijanto bersama jajaran Forkopimda memanen ikan Nila Kekar di Desa Tembalang, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Blitar, SMNNews.co.id – Bupati Blitar Rijanto menghadiri panen ikan Nila Kekar di Desa Tembalang, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, pada Kamis (9/7/2020). Jika dilihat namanya memang bukan nila biasa, melainkan nila jenis unggul yang mulai disukai masyarakat karena mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Nila Kekar ini dibanding nila biasa secara kasat mata terlihat lebih melebar, tidak memanjang dan berdaging. Lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan. Dan mempunyai perkembangan pesat yang bisa dipanen pula dalam waktu lebih singkat dari bibit nila biasa.

Melihat inilah bupati beserta jajaran forkopimda yang mendampingi memberikan apresiasi kepada petani ikan di Desa Tembalang ini. Karena pengembangbiakan ini sangat mendukung pemerintah dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19.

“Meski di suasana pandemi Virus Corona, petani di Desa Tembalang ini tetap berproduksi dengan bibit unggulnya Nila Kekar. Ini perlu kita dukung karena mendorong ketahanan pangan di masa-masa sulit seperti ini,” kata Bupati Rijanto.

Menurut bupati, Kabupaten Blitar selama ini telah menjadi salah satu lumbung pangan yang menyangga beberapa kota di Indonesia. Hasil dari pertanian dan peternakan mempunyai hasil yang unggul yang perlu terus dikembangkan.

“Tanah Kabupaten Blitar subur yang cocok untuk berbagai tanaman tani. Begitu juga peternakannya seperti telur dan ayam pedaging kita telah kirim ke berbagai daerah. Harus kita terus kita kembangkan sehingga kita tidak hanya mempunyai ketahanan pangan namun lebih ke arah kemakmuran,” ujar Bupati yang peduli rakyatnya ini.

Di tempat yang sama, kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan panen ikan ini termasuk dalam program Kapolda Jatim yang sepaket dengan Pencanangan Kampung Tangguh Semeru.

Salah satunya mewujudkan ketangguhan melawan Covid-19 tidak hanya Sumber Daya Manusia dalam pengetahuan kesehatan saja, namun juga dalam hal tangguh menjaga dan mengelola sumber daya alam.

“Dengan begitu masyarakat mampu menghadapi pandemi ini dengan tangguh. Di Kabupaten Blitar ini baik pertanian dan peternakan sangat banyak sehingga kita patut bersyukur semua ada di sini,” pungkas Kapolres.

Untuk diketahui Nila Kekar ini dalam waktu 7 Bulan bisa mencapai dipanen dengan berat rata-rata lebih dari 500 tergantung perawatan. Lalu pada umur 1 tahun bisa mulai berkembang biak yang ukurannya mencapai lebih dari 1 Kg.(kmf/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....