HomeADVERTORIALBupati Blitar Rijanto: Setelah Dilantik PPS Tetap Jaga Independensi dan Netralitas

Bupati Blitar Rijanto: Setelah Dilantik PPS Tetap Jaga Independensi dan Netralitas

Bupati Blitar Rijanto saat menghadiri pelantikan petugas PPS Pilkada 2020.

BLITAR, SMNNews.co.id – Tahapan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Blitar yang sempat tertunda akibat Pandemi Covid-19 kini kembali berjalan. Dengan dilakukannya pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Senin (15/6/2020) di Ruang Perdana Kantor Pemkab Lama.

Pelantikan dilakukan secara simbolis saja tidak semua anggota PPS datang. Selanjutnya anggota PPS lainnya yang dilantik dengan menonton video conference di rumah masing-masing.

Pelantikan anggota PPS dihadiri Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santoso, Bawaslu Ketua Hakam Sholahudin, Bupati Blitar Rijanto, Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto, Kapolres Kota Blitar Leonard M Sinambela, dan perwakilan Forkopimda dan Forkopimcam.

Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santoso mengatakan sesuai keputusan KPU RI Pilkada daerah dilanjutkan kembali tahapannya yang mana pencoblosan dijadwalkan 9 Desember. Maka dari itu salah satunya PPS dan Sekretariat PPS di Kabupaten Blitar sebanyak 744 tersebar seluruh desa di Kabupaten Blitar dilantik pada hari ini.

“Saya pesan kepada ada dua tahapan penting tahapan penting tugas dari PPS, diantaranya pemutakhiran data pemilih dan melaksanakan pemungutan suara. Teman-teman harus memastikan hak konstitusi masyarakat jangan sampai terlewat sehingga membuat tidak dapat menyalurkan suaranya di TPS, ini perlu kehati-hatian dan kecermatan,” pesan Ketua KPU Kabupaten Blitar usai melantik anggota PPS.

Ditempat yang sama, Bupati Blitar Rijanto berpesan kepada PPS agar saat bekerja nanti betul-betul menjalankan protokol kesehatan dalam mencegah penularan virus. Harapannya proses demokrasi yang berjalan di Pandemi Covid-19 ini berjalan lancar dan aman.

“Ini menjadi sejarah baru pelaksanaan demokrasi di tengah pandemi. Pilkada ini harus mengedepankan protokol kesehatan demi menjamin kesehatan masyarakat dalam menyalurkan hak suaranya,” kata Bupati Rijanto.

Melihat tantangan ini Bupati Rijanto meminta PPS menjaga optimisme. Bahwa Pilkada harus tetap berjalan lancar demi terwujudnya demokrasi di Kabupaten Blitar.

“Independensi dan netralitas tetap dipegang teguh selain menjalankan protokol kesehatan. Selamat bagi PPS yang lolos semoga memberikan manfaat bagi kita semua dalam mewujudkan Pilkada Kabupaten Blitar yang aman dan damai,” pungkasnya. (kmf/jon)

Editor: Nanim

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....

GP Ansor Jember Deklarasikan Ketuanya Maju Pilkada Kabupaten

JEMBER, SMNNews.co.id - Jajaran Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Jember mendeklarasikan Ketua Ansor Jember, Izzul Ashlah untuk maju dalam kontestasi Pilkada kabupaten Jember 2024,...