HomeBERITABupati Fadia Arafiq Minta Segenap PPS Dapat Menjaga Netralitas Sebagai Penyelenggara Pemilu

Bupati Fadia Arafiq Minta Segenap PPS Dapat Menjaga Netralitas Sebagai Penyelenggara Pemilu

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat menghadiri pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di gedung pertemuan umum

PEKALONGAN, SMNNews.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan melantik 855 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 se Kabupaten Pekalongan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kajen, Selasa (24/1/2023).

Pelantikan dihadiri Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, S.E., M.M., Kapolres Pekalongan AKBP DR. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H beserta perwakilan unsur Forkopimda Kabupaten Pekalongan, Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Beserta Segenap Jajaran, Ketua Bawaslu Kabuapten Pekalongan, Para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Para Camat, Lurah, dan Kepala Desa Se-Kabupaten Pekalongan dan Para Anggota PPK se-Kabupaten Pekalongan.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal mengatakan pelantikan ini dilakukan guna melengkapi badan Adhoc di tingkat desa di Kabupaten Pekalongan.

“Tentunya menjadi kelengkapan dari semua badan adhoc di pemilu tahun 2024 di tingkat desa,” kata Ketua KPU Kabupaten Pekalongan.

Setelah dilantik PPS lanjut, kata dia, PPS harus langsung melakukan persiapan tahapan yang harus dilakukan sebelum pemilu 2024, yaitu pemilihan Pantarleh pada 26 Januari mendatang.

“Setelah ini ada agenda yang perlu dilaksanakan untuk melaksanan tahapan pemilu selanjutnya yaitu rekrutmen pantarleh untuk coklip data pemilik tahun 2024,” ujarnya.

Ia pun berpesan kepada anggota PPS yang baru dilantik untuk bisa menjaga kinerja profesional dan berintegritas.

“Harus bekerja profesional, mandiri dan berintegritas yang menjadi kunci profesional menjalankan tugas dan fungsinya sesuai undang undang yang ada tidak boleh melakukan tindakan apapun yang itu tidak diatur di regulasi dari SOP yang telah ditentukan KPU RI,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, S.E., M.M dalam sambutan atas nama Bupati Pekalongan dan Pemerintah Kabupaten Pekalongan, menyampaikan apresiasi kepada segenap jajaran KPU Kabupaten Pekalongan atas kerja kerasnya menyelesaikan tahapan seleksi sampai dengan pelantikan pada hari ini.

Selanjutnya, mengucapkan selamat kepada segenap PPS se-Kabupaten Pekalongan yang telah dilantik pada hari ini dan selamat bekerja di desa masing-masing.

“Saya berpesan agar dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebaik-baiknya, dan laksanakan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pinta Bupati.

Disamping itu, kepada segenap PPS agar segera melakukan koordinasi internal baik secara vertikal maupun horizontal agar seluruh tahapan pemilu dapat berjalan dengan baik. Jika menghadapi permasalahan krusial segera lakukan koordinasi dengan PPK dan KPU Kabupaten Pekalongan.

“Dan yang terpenting saya berpesan agar segenap PPS yang dilantik pada hari ini dapat menjaga netralitas sebagai penyelenggara pemilu, berintegritas, profesional, dan tidak dalam pengaruh dan tekanan dari pihak-pihak lain, karena seluruh masyarakat mengharapkan terselenggaranya Pemilu yang aman, nyaman, dan damai tanpa ada pihak-pihak yang merasa dirugikan,” terang Bupati.

“Pada kesempatan ini saya sekaligus mengingatkan bahwa tugas dan tanggung jawab yang Saudara emban sebagai PPS merupakan suatu kehormatan dan kesempatan untuk mengabdi dan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2024,” imbuhnya.

Kepada seluruh perangkat daerah, Bupati minta untuk agar memberikan dukungan kepada KPU, PPK dan PPS dalam melaksanakan tugasnya, sebab keberhasilan KPU juga merupakan keberhasilan pemerintah dan masyarakat.

Untuk Para Kepala Desa dan Para Lurah agar dapat membantu pembentukan Sekretariat PPS dan memfasilitasi PPS dengan Kantor Sekretariat PPS sekaligus sarprasnya sehingga terselenggara Pemilu 2024 secara maksimal.

“Kita semua berharap agar pemilu 2024 ke depan dapat terlaksana dengan baik. Untuk itu, saya minta agar semua pihak bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif, serta menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat pada setiap tahapan pemilu 2024,” harap orang nomor satu di Kabupaten Pekalongan tersebut. (rifqi)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Perdana Hadiri Panen Raya, Pangdam V Brawijaya Perintahkan Semua Dandim di Jatim Kawal Stabilitas Ketahanan Pangan

NGAWI, SMNNews.co.id - Pangdam V Brawijaya, Mayjen Rafael Granada Baay menghadiri raya padi di Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kamis (19/4/2024). "Ini merupakan panen raya...

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...