HomeBERITABupati Jombang Menyerahkan Bantuan Perlengkapan Kesehatan Pencegahan Covid-19

Bupati Jombang Menyerahkan Bantuan Perlengkapan Kesehatan Pencegahan Covid-19

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyerahakan bantuan perlengkapan kesehatan pencegahan Covid-19.

Jombang, SMNNews.co.id – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui BPBD menyalurkan bantuan berupa thermal gun, masker, handsanitizer, desinfektan kepada Pondok Pesantren, Yayasan, Thoriqoh juga perwakilan Badan Musyawarah Antar Gereja Kabupaten Jombang. Penyerahan dilakukan di ruang Swagata Pendopo Pemkab Jombang, Kamis (30/7/2020) pagi.

Pada acara tersebut Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab berpesan agar dengan kembalinya anak anak kepondok pesantren telah dipersiapkan sebaik baiknya untuk perlengkapan yang dibutuhkan dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid 19.

“Alamdulillah angka pasien covid 19 yang sembuh semakin meningkat, semoga ini tidak menajdikan kita lengah, tapi tetap waspada dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan menghadapi tatanan normal baru,” tuturnya.

“Semoga bantuan thermal gun, masker, handsanitizer juga desinfektan yang telah didistribusikan memberikan manfaat,” tandas Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab.

Dalam agenda tersebut Bupati didampingi Asisten Pemerintahan, Anwar. Kepala BPBD, Abdul Wahab, Kadinkes Jombang, drg. Subandriyah, Direktur RSUD Jombang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agus Purnomo serta Kabag Humas dan Protokol.

Baik Kepala Dinas Kesehatan juga Direktur RSUD Jombang juga memberikan pemahaman pentingnya melakukan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19. Hal ini dikarenakan pandemi belum berakhir. Untuk itu segala peraturan terkait Protokol Kesehatan menjadi hal yang wajib dilaksanakan demi menjaga kesehatan dan keselamatan semuanya.

“Kalau yang tadinya kamar anak anak isinya 10 orang saat ini isinya harus 50 persennya,” tutur Drg. Subandriyah Kadinkes.

Sementara ketua Bidang Penanganan Covid 19 Kabupaten Jombang Dr. Puji Umbaran juga memberikan penjelasan pentingnya memakai masker, melakukan screening dengan Thermal Gun, juga penggunaan handsanitizer.

“Gunakan masker dengan benar dan tepat, tepat waktunya artinya ketika kita sendirian tanpa mengunakan masker tidak apa apa, akan tetapi ketika kita bertemu siapapun wajib kita gunakan. Saat ngobrol apalagi, sebagai upaya pencegahan menghindari droplet, cipratan akibat bersin atau batuk, masker akan menjaga diri kita juga menjaga orang yang ada disekitar kita,” tutur Dr. Puji Umbaran Direktur RSUD Jombang.

Menurutnya anak anak juga masyarakat perlu mengetahui etika saat batuk dan bersin yang baik dan benar, dengan cara menutup hidung dan mulut dengan tissue atau lengan baju sehingga bakteri tidak menyebar ke udara dan tidak menular ke orang lain. Tujuan utama menjaga etika batuk adalah mencegah penyebaran suatu penyakit secara luas melalui udara bebas (Droplets) dan membuat kenyamanan pada orang di sekitarnya. Droplets tersebut dapat mengandung kuman infeksius yang berpotensi menular ke orang lain disekitarnya melalui udara pernafasan.

Protokol kesehatan selalu menganjurkan untuk menjaga kebersihan tangan, karena dari tangan inilah sumber penularan akan sangat cepat. Karena tangan ini bisa masuk ke mulut, hidung mata, paparnya. Untuk itulah rajin cuci tangan dengan air mengalir pakai sabun atau siap handsanitizer di saku atau tas, pungkas Direktur RSUD Puji Umbaran.

Para penerima bantuan baik dari perwakilan Pondok Pesantren, Thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah juga Badan Musyawarah Antar Gereja Kabupaten Jombang menyampaikan ucapan terima kasih dan mengaku bersyukur atas kepedulian pemerintah kabupaten Jombang yang telah memberikan bantuan perlengkapan Pencegahan Covid 19 demi keselamatan warga masyarakatnya. (PJ)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...