HomeADVERTORIALBupati Kediri Janji Prioritaskan Warga Sekitar

Bupati Kediri Janji Prioritaskan Warga Sekitar

KEDIRI, SMNNews.co.id – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menegaskan bahwa pemerintah kabupaten akan berkomitmen memprioritaskan warga sekitar bandar udara dalam rekrutmen tenaga kerja, menyusul rencana beroperasinya bandara itu pada pertengahan 2023.

Bupati menegaskan nantinya akan dibentuk tim khusus untuk mengkaji bagaimana bentuk dari peraturan bupati soal penyerapan tenaga kerja lokal, “Akan dibentuk tim khusus untuk mempelajari model apa yang cocok untuk kultur warga barat sungai, sehingga nanti tepat sasaran,” kata Bupati Hanindhito di Kediri, Selasa (30/11).

Ia juga menjelaskan selama pembangunan bandara di Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, ini sudah menyerap sekitar 60 persen dari warga sekitar.

Ia mengatakan adanya bandara ini tentunya berdampak pada segala lini termasuk efek sosial. Nantinya warga sekitar pasti akan berubah mata pencahariaannya dari petani menjadi pekerja yang lingkupnya perkotaan. Untuk itu, pemerintah kabupaten berupaya mencari cara agar warga tetap bisa berdaya.

“Sejauh ini sudah 60 persen lebih (terserap tenaga kerja), tapi yang paling penting adalah nanti setelah bandara jadi, bagaimana caranya Pemerintah Kabupaten Kediri ini harus bisa meningkatkan padat karya di bagian barat sungai,” kata Mas Bup, sapaan akrabnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang serta Badan Pertanahan Nasional Sofyan A. Jalil melakukan kunjungan kerja terkait progres pembangunan bandara di Kabupaten Kediri.

Ia menilai progres pembangunan sangat baik sejak dirinya datang meninjau secara langsung pembangunan tujuh bulan lalu.

Luhut juga menegaskan pembangunan bandara tentunya bisa berdampak positif terutama di selatan Jawa Timur, seperti di wilayah Trenggalek, Pacitan, Ponorogo sampai ke Banyuwangi. Masyarakat tidak perlu ke Surabaya naik pesawat melainkan bisa dari Kediri.

Ia pun berharap semua saling sinergi untuk pembebasan lahan. Pembangunan bandara ini sudah masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) sehingga tidak boleh ada yang menghambat. Ganti untung akan diberikan kepada masyarakat sesuai dengan amanat undang-undang, sehingga semua harus mematuhinya.

“Kita harus tegas. Jangan sampai hanya karena suatu hal, pembangunan ini bisa terhambat dan terlambat. Ini untuk kepentingan Republik Indonesia. Hal ini dapat menciptakan lapangan kerja dan membuat ekonomi meningkat serta kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat,” katanya.

Ditargetkan pembangunan bandara akan selesai pada akhir tahun 2022 dan siap beroperasi pada pertengahan 2023.

Selain pembangunan bandara, direncanakan juga pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung. Keterhubungan antara Bandara Kediri dan jalan tol Kediri Tulungagung merupakan satu kesatuan yang harus diselesaikan di tahun 2023.

Untuk itu, ia juga berharap seluruh pemangku kebijakan untuk ikut serta mengawasi pembangunan bandara agar berkualitas. Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Direktur PT. Gudang Garam, Tbk Istata Taswin Siddharta, serta sejumlah pejabat lainnya dari pusat hingga daerah. (Kominfo/adv/kan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Lepas Lomba Gerak Jalan Santai

PASAMAN, SMNNews.co.id - Bupati Pasaman H. Benny Utama diserbu ribuan murid SD, Sabtu (13/8) pagi di halaman Kantor Bupati Pasaman. Telapak tangan bupati sempat...