HomeADVERTORIALBupati Kediri Kembali Resmikan Kampung Tangguh Cegah Penularan Covid-19

Bupati Kediri Kembali Resmikan Kampung Tangguh Cegah Penularan Covid-19

Bupati Kediri Haryanti Sutrisno saat memotong pita launching Kampung Tangguh Semeru di Desa Kunjang Kecamatan Ngancar

Kediri, SMNNews.co.id – Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno Kembali meresmikan Kampung Tangguh Semeru, kali ini di Desa Kunjang Kecamatan Ngancar. Bersama Dandim 0809 Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno dan Kapolres Kediri yang diwakili oleh Kapolsek Ngancar, (22/6).

Kampung Tangguh Semeru Desa Kunjang Kec. Ngancar ini tidak berlokasi di balai desa seperti yang sudah-sudah tetapi ditempatkan di Balai Pamitran yang sudah lama tak terpakai. Sebagai pusat lokasi Kampung Tangguh Semeru, tempat tersebut sudah dilengkapi dengan balai pertemuan, dapur umum, lumbung tempat menyimpan bahan makanan dan tempat isolasi mandiri.

Dijelaskan oleh Pulung Tursilawanto, Ketua Kampung Tangguh Semeru, awal mula Kampung Tangguh Semeru Desa Kunjang ini dari adanya warga Kunjang Kecamatan Ngancar yang positif terpapar Covid-19.

“Dari situlah kami beserta warga berinisiatif mendirikan tempat isolasi mandiri bagi warga yang positif Covid-19 dan warga pendatang yang baru pulang dari perantauan. Dengan begitu baik pendatang maupun yang positif tidak berbaur dengan warga lainnya agar virus tersebut tidak menular,” jelasnya.

Tidak hanya dalam hal kesehatan, keamanan di Kampung Tangguh ini dijaga dengan mendirikan pos kampling di setiap RT dengan difasilitasi HT sebagai alat komunikasi. Selain itu untuk ketahanan pangan, warga menanam sayuran dan tanaman hortikultura. Dengan demikian akan mengurangi intensitas warga pergi ke pasar demi mencegah penularan Covid-19.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno menyampaikan harapannya bahwa setelah diresmikannya Kampung Tanggung Semeru ini, secara berkelanjutan masyarakat bisa patuh melaksanakan protokol kesehatan dengan jaga jarak, rajin cuci tangan dan memakai masker jika keluar atau beraktivitas.

“Untuk ruang isolasi memang harus ada dua, yaitu untuk warga yang positif sesuai hasil swab dan warga pendatang. Apalagi di Kecamatan Ngancar ini terdapat banyak tempat wisata, sebelum ada tingkat penurunan kasus Covid-19 atau wilayah tersebut masuk zona hijau, sampai saat ini belum berani membukanya. Kemudian bagi warga yang berkunjung harus bisa mentaati prosedur protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran covid 19,” kata Bupati.

Usai acara seremonial, Bupati Kediri bersama Dandim 0809 meninjau lokasi dapur umum serta lumbung pangan. Diharapkan dengan Kampung Tangguh Semeru ini, Desa Kunjang Kecamatan Ngancar bisa mandiri dalam menangani pandemi Covid-19 serta mampu merubah pola pikir warga untuk hidup sehat dalam kesehariannya.(Kominfo/adv/kan)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...