HomeADVERTORIALBupati Minta Festival Kresnayana, Bisa Dongkrak Wisatawan Eduwisata

Bupati Minta Festival Kresnayana, Bisa Dongkrak Wisatawan Eduwisata

Sendra tari yang ditampilkan di Festival Kresnayana di Amphiteater Candi Penataran Kabupaten Blitar.

BLITAR, SMNNews.co.id – Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olagraga (Disparbudpora) Pemerintah Kabupaten Blitar bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbutpar)  Pemerintah Provinsi  Jawa Timur menggelar Festival Kresnayana. Suguhan citarasa nusantara ini digelar di Amphitheater Penataran, kecamatan Nglegok, kabupaten Blitar, Sabtu malam (14/3/2020).

Dikatakan Bupati Rijanto, Festival Kresnayana ini digelar sebagai hiburan rakyat, sekaligus menyampaikan pesan moral kepemimpinan dari cerita tokoh pewayangan Sri Kresna. Dan sekaligus  upaya Pemkab Blitar mengembangkan Edukasi Wisata (eduwisata) kabupaten Blitar untuk memantik para wisatawan mancanegara maupun dalam negeri ke kabupaten Blitar.

Nonton bareng ini, Bupati Blitar Rijanto didampingi sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Blitar, perwakilan Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Muspika Kecamatan Nglegok, bersama Kepala Disbudpar Pemprov Jatim Sinarta.

“Festival Kresnayana ini mengangkat tokoh pewayangan Sri Kresna. Dimana perjalanan hidupnya mulai masa kecilnya itu sudah nampak kedisiplinan kepemimpinannya. Terus pada masa remaja pernah jadi perampok begal, hasil rampokannya bukan untuk dirinya tapi untuk orang kurang mampu. Kemudian dia juga tokoh politikus dimana aktor utama perang Baratayudha itu ya Sri Kresna ini,” terang Bupati Rijanto.

Ia juga mengapresiasi serta menyambut baik animo masyarakat yang besar untuk menyaksikan Sendratari dalam Festival Kresnayana. Kedepan, rencananya Festival Kresnayana itu akan digelar setiap bulan. Itu dilakukan, dalam rangka menguatkan nilai kepariwisataan kabupaten Blitar. Bupati Rijanto mengaku rencana pementasan Festival Kresnayana setiap bulan itu juga berdasarkan usulan dari Disbudpar Pemprov Jawa Timur.

Lebih lanjut ia mengatakan, ceritera dalam Festival Kresnayana ini diambil dari relief candi Penataran.

“Kalau di Jawa Tengah ada candi Prambanan dengan Ramayananya, kabupaten Blitar punya candi Penataran yang relif-relifnya salah satunya ada Kresnayana,” pungkasnya.

Festival Kresnayana ini akan digelar sebanyak tiga kali. Pentas perdana pada hari ini dengan tema Wiji Dadi, kemudian dipentaskan lagi tanggal 6 Juni dan 22 Agustus 2020 dengan tema yang berbeda-beda. (kmf/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Pasca Pelaksanaan Operasi Ketupat, Polresta Cirebon Gelar Halal Bihalal

CIREBON, SMNNews.co.id - Pasca pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2024 pengamanan libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Polresta Cirebon menggelar acara Halal Bihalal di...

Wali Kota Pasuruan Resmikan Gedung PLUT-KUMKM

PASURUAN, SMNNews.co.id - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf, meresmikan gedung PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu) Kota Pasuruan, pada Rabu (17/4/24) pagi. Peresmian tersebut dihadiri oleh...

Sebagai Momentum Kebersamaan, Polres Blitar Gelar Halal Bihalal

BLITAR, SMNNews.co.id - Setelah melaksanakan apel pagi, Kapolres Blitar AKBP Wiwit Adisatria menggelar kegiatan Halal Bihalal atau Silahturahmi dengan personil Polres Blitar yang berlangsung...