HomeBERITABupati Pasaman Kukuhkan Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka 0308/Pasaman

Bupati Pasaman Kukuhkan Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka 0308/Pasaman

Bupati Pasaman H. Benny Utama saat melantik dan mengukuhkan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0308/Kabupaten Pasaman, Sabar AS beserta pengurus lainnya di Aula Lt III Kantor Bupati Pasaman

PASAMAN, SMNNews.co.id – Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka 0308/Kabupaten Pasaman, H. Benny Utama beserta pengurus Mabicab dikukuhkan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Sumbar, Audy Joinaldy.

Bersamaan itu, Bupati Pasaman H. Benny Utama ini turut melantik dan mengukuhkan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0308/Kabupaten Pasaman, Sabar AS beserta pengurus lainnya di Aula Lt III Kantor Bupati Pasaman, Senin (3/10).

Pelantikan tersebut sesuai dengan, Surat Keputusan (SK) Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumbar tahun 2022 tentang Pengukuhan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pasaman, Masa Bakti 2022-2027, dengan susunan kepengurusan diketuai Bupati Kabupaten Pasaman H. Benny Utama.

Audy Joinaldy menyampaikan, ucapan selamat atas dilantiknya pengurus Mabicab, Pengurus Kwarcab dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang Kabupaten Pasaman masa bakti 2022-2027.

“Kita sangat bersyukur bahwa hingga saat ini, Kwartir Daerah dan juga sejumlah Kwartir Cabang semakin berbenah diri untuk ikut berperan serta di dalam menata organisasi lingkup kwartir masing-masing. Bagi Saya, eksistensi serta semangat kakak-kakak dalam mengembangkan gerakan pramuka khususnya di tingkat Kwartir Cabang sejalan dengan ikhtiar Pemerintah yang dituangkan dalam bentuk Undang-Undang No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka,” ungkap Audy.

Dalam kerangka besar itulah, selaku Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumbar, Audy optimis Mabicab Kabupaten Pasaman lebih menitikberatkan perhatian pada program fasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan, mengingat Gerakan Pramuka merupakan organisasi yang membangun kepribadian dengan mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlak mulia demi tercapaikan kesejahteraan masyarakat.

“Saya menyampaikan apresiasi yang tak terhingga atas terselenggaranya pengkuhan hari ini, dengan itu sudah menunjukkan kuatnya komitmen kita kepada gerakan Pramuka di Kabupaten Pasaman. Kita harus terus bergerak dalam upaya melakukan revitalitasi dan aktivasi gerakan Pramuka di Pasaman yang sebentar lagi daerah ini akan menjadi tujuan wisata,” ucap Audy dalam sambutannya.

Dia menambahkan, suksesnya pelantikan kepengurusan ini, juga mencerminkan kwartir cabang semakin dewasa dalam menyikapi serta memahami pentingnya upaya sinergis dari seluruh komponen kwartir, karena sekaranglah waktu yang paling tepat bagi kita untuk bersatu padu menghasilkan karya positif selaku orang muda yang suka berkarya.

Kata Wagub Sumbar itu, daerah Kabupaten Pasaman merupakan daerah yang progresif di Sumbar ini. Sebab, daerah ini setiap saat selalu mendapatkan penghargaan, baik penghargaan dari pemprov Sumbar, maupun penghargaan dari pemerintah pusat.

“Mudah-mudahan, dibawah kepemimpinan kakak Sabar AS, Pramuka Pasaman semakin maju nantinya, ” harapnya.

Ketua Mabicab Gerakan Pramuka 0308/Kabupaten Pasaman, H. Benny Utama juga mengatakan bahwa, Pramuka merupakan wadah tempat menyiapkan pemimpin masa depan bangsa.

Kata Bupati Pasaman itu, selaku kepala daerah, pihaknya terus mendorong untuk kemajuan di bidang kepramukaan di daerah ini.

“Kita setiap saat, senantiasa mendorong Gerakan Pramuka di daerah ini, mulai dari Kabupaten hingga ke tingkat ranting, sebab Pramuka merupakan mitra pemerintah, dan ujung tombak pemerintah,” sebutnya.

Lebih jauh H. Benny Utama juga mengatakan, gerakan pramuka Pasaman selalu aktif didalam berbagai hal, baik dalam kegiatan sosial, maupun dalam kebencanaan. “Bahkan, bukti keaktifannya, Gerakan Pramuka Pasaman ini dulunya, hampir setiap tahun meraih Pramuka Tergiat ditingkat Sumbar,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka 0308/Kabupaten Pasaman, Sabar AS menyampaikan, terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumbar, yang telah memberikan amanah kepada dirinya.

“Saya yakin dan optimis, bahwa pelantikan hari ini, akan menjadi motivasi dan semakin memperkuat eksistensi dan peran Gerakan Pramuka khususnya di Kabupaten Pasaman, sebagai garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter generasi muda bangsa,” ucap dia.

Menurutnya, tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, seperti degradasi moral dan etika, memudarnya rasa nasionalisme dan jati diri bangsa, sikap individualisme dan sikap acuh generasi muda terhadap ideologi bangsa, diperlukan peran serta berbagai pihak, termasuk di dalamnya peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi tantangan dan permasalahan tersebut.

Untuk itu, Gerakan Pramuka harus mampu menjelma menjadi agen perubahan, sebagai solusi pembangunan karakter dan watak pemuda yang berkepribadian serta berbudi pekerti luhur, sehingga pemuda yang berjiwa nasional akan terwujud.

Kata Sabar AS lagi, seluruh pengurus Gerakan Pramuka harus selalu konsisten dan konsekuen memanfaatkan Gerakan Pramuka sebagai wadah untuk mendidik dan membina kaum muda Pasaman dalam mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisiknya untuk menjadi manusia Indonesia yang berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur. (mad)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Antisipasi Pasca Teror di Mapolsek Astana Anyar, Polres Tulang Bawang Barat Perketat Penjagaan Mako

TULANG BAWANG BARAT, SMNNews.co.id – Polres Tulang Bawang Barat Polda Lampung memperketat pengamanan Mako Polres untuk mengantisipasi kemungkinan adanya Pelaku teror bom. "Sebagaimana penekanan dari Kapolda...

Bolo Dewan Menyapa, Pasuruan Bicara!

PASURUAN, SMNNews.co.id - Bentuk kedekatan dengan masyarakat di Kabupaten Pasuruan, DPRD Kabupaten Pasuruan mempunyai program "Bolo Dewan Menyapa, Pasuruan Bicara". Diskusi ini digelar di Jalan...

Jenguk Korban Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar, Kapolri : Tetap Semangat Lindungi Masyarakat

BANDUNG, SMNNews.co.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjenguk masyarakat dan personel polri yang menjadi korban peristiwa bom bunuh diri Mapolsek Astana Anyar di...