HomeSUMATERA BARATPASAMANBupati Pasaman Tinjau Langsung MPLS Di Beberapa Sekolah

Bupati Pasaman Tinjau Langsung MPLS Di Beberapa Sekolah

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis didampingi PLT Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pasaman

Pasaman, suaramedianasional.co.id – Hari pertama masuk sekolah pada tahun ajaran baru di seluruh jenjang pendidikan dimulai pada Senin (15/7/2019) serentak se Indonesia.

Di hari perdana tersebut, Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis. SH. M.Si beserta rombongan meninjau langsung Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di beberapa Sekolah Tingkat SMP, SMA, SMK di Lubuk Sikaping.
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis didampingi PLT Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pasaman,  Ali Yusri, Kabid Dikdas Ahdi Susanto, Dewan Pendidikan Kab. Pasaman, Kabag Humas Setdakab Pasaman, Devi Alfriani, meninjau langsung MPLS di SMPN 1 Lubuk Sikaping, SMAN 1 Lubuk Sikaping dan terakhir SMKN 1 Lubuk Sikaping.
Selama peninjauan pada sekolah-sekolah tersebut, Yusuf Lubis disambut baik oleh kepala sekolah bersama majelis guru, serta tenaga kependidikan yang ada di sekolah bersangkutan.
Di setiap sekolah yang dikunjungi, Bupati Yusuf Lubis merasa sangat bersyukur dan bahagia sekali, karena pihak sekolah mengadakan MPLS tanpa adanya kegiatan atau atribut yang tidak mendidik.
MPLS ini sangat dibutuhkan sekali, sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah, baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu.
Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah, dan tanpa kegiatan maupun atribut yang tidak mendidik.
Kegiatan MPLS dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung.
Adapun tujuan diadakannya MPLS antara lain memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru mereka masuki juga seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya. Kemudian memperkenalkan siswa pada keorganisasian dan seluruh kegiatan yang ada di sekolah.
Disamping itu mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal. (Mad)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...