HomeJAWA TIMURSIDOARJOBupati Sidoarjo Ajak Masyarakat Mengelolah sampah Dengan Baik

Bupati Sidoarjo Ajak Masyarakat Mengelolah sampah Dengan Baik

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah berkunjung Ke desa Tambakrejo Kecamatan Waru, Sabtu (23/02).
Sidoarjo, suaramedianasional.co.id – Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah berkunjung Ke TPST desa Tambakrejo Kecamatan Waru, Sabtu (23/02) dalam giat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019.
Selain Bupati Sidoarjo, turut hadir pula Wakil Bupati, Kapolresta, Anggota DPRD, Danramil Waru, Camat Waru, serta para Kader Lingkungan Sidoarjo.
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah dalam sambutannya menyampaikan, di  Hari Peduli Sampah Nasional, “agar dilakukan pengelolahan sampah dengan baik. Seperti sampah plastik yang bisa dimanfaatkan hingga menjadi penghasilan tambahan,”ucapnya.
“Kita di Sidoarjo, membangun pengetahuan tentang kondisi persampahan di lingkungan kita, dengan cara menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya. Menurut Saiful Ilah dalam satu hari tidak kurang 1000 ton sampah yang di buang ke TPA Jabon sampah-sampah yang berasal dari limbah rumah tangga, domestik dan perusahaan rumahan lainnya hanya di buang begitu saja di TPA ini tanpa diolah terlebih dahulu. Dalam perencanaan kedepannya Pemerintah Sidoarjo, akan membangun pabrik pembakaran sampah dari China. Fungsi dari pendirian pabrik pembakaran tersebut, sampah yang habis di bakar akan menjadikan aliran listrik yang bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga Sidoarjo.
“Pengetahuan itu perlu, pada hari ini kita melihat kondisi TPA kita itu sudah kelebihan muatan melebar keatas dan kesamping, sehingga ini akan menjadi bahan pemerintah melakukan upaya dalam mencari solusi,” ujarnya.
Selain pengetahuan, lanjut Bupati Sidoarjo, ini merupakan wadah membangun kesadaran seluruh stakeholder betapa sampah ini menjadi mala petaka bersama jika tidak kita kelola dengan baik, untuk itulah kesadaran merupakan hal utama yang harus dibangun agar gerakan mengatasi sampah dapat sama-sama dijalankan.
Sementara Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho dalam amanatnya menyampaikan peringatan HPSN tahun 2019 sengaja dilakukan di TPST Tambak Rejo Kecamatan Waru,  dengan tujuan untuk mengajak masyarakat agar peduli dengan sampah.”Polresta Sidoarjo telah membuat gerakan pilah sampah baik sampah organik dan sampah non organik,” ujarnya.
Kegiatan dilanjutkan  dengan Peletakan batu pertama rumah komposti TPST Tambak Rejo Kecamatan Waru, dan dilanjutkan dengan menyebar benih ikan dilokasi dekat TPST yang nantinya akan bisa di budidayakan. (try)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...