Bupati Sidoarjo Lakukan Sidak USBN dan UNBK di Sejumlah Sekolahan

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah melakukan sidak di SMPN 5 Sidoarjo.
Sidoarjo, suaramedianasional.co.id – Bupati Sidoarjo, H.Saiful Ilah melakukan inspeksi mendadak ( sidak) pelaksanaan Ujian Nasional.
Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SD/MI diselenggarakan secara bersamaan dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs.
USBN untuk tingkat SD/MI di Sidoarjo diselenggarakan mulai 22-24 April 2019. Sementara, UNBK untuk tingkat SMP/MTs akan dimulai bersamaan pada tanggal 22-25 April 2019. Sidak pertama di lakukan di sekolah SDN Pucang 2 Sidoarjo, selanjutnya di SMP swasta Sepuluh November, MTs Bilingual Muslimat NU Pucang  dan yang terakhir di SMPN 5 Sidoarjo.
“Kita melakukan sidak guna meninjau pelaksanaan UNBK di tingkat SMP/MTs, baik Negeri maupaun Swasta,” ucap H Saiful Ilah, Senin (22/04).
Lebih lanjut ia menegaskan, dalam sidaknya, pelaksanaan UNBK di sejumlah sekolahan tingkat SMP/MTs berjalan dengan lancar. Para peserta ujian melaksanakan dengan tenang dalam mengerjakan soal-soal ujian.
“Tujuannya kami hanya memastikan UNBK di Sidoarjo ini berjalan baik dan lancar. Hari pertama ini tidak ada yang absen sakit atau sebagainya, sehingga semua bisa mengikuti ujian. Namun kami tidak bisa menyampaikan sesuatu ke peserta, sebab bisa mengganggu konsentrasinya,” imbuhnya.
Dari keseluruhan sekolahan yang di Kabupaten Sidoarjo, terdapat ” sekitar 69834 peserta yang mengikuti Ujian Nasional, terdiri dari SD/MI ada 774 sekolahan dengan jumlah peserta 36279 anak. Untuk SMP/MTs negeri atau swasta termasuk SMP terbuka ada 233 sekolahan dengan jumlah peserta 36972 anak dan untuk Paket A, B, C jumlah peserta 1583 anak,”ucap Ec.Asrofi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo.
Sementara itu, Bupati Sidoarjo berharap agar seluruh peserta UNBK yang ada di Sidoarjo bisa lulus semuanya. Agar bisa melanjutkan ke pendidikan  selanjutnya. Serta bisa membawa masa depan Sidoarjo yang lebih baik dengan adanya generasi – generasi bangsa yang cerdas, berkualitas serta berbudi luhur,
” pungkasnya. Dalam pelaksanaan sidak tersebut Bupati Sidoarjo di dampingi Wakil Bupati Sidoarjo, Kepala Dinas Pendidikan, Wakapolresta Sidoarjo, Kepala Kemenang Sidoarjo dan sejumlah jajaran Forkopimda. (try)