HomeBERITACara Mengenali Sampo Abal-abal

Cara Mengenali Sampo Abal-abal

Ilustrasi sampo abal-abal. (Sumber: Google)

SMNNews – Beberapa waktu lalu, Polisi baru saja menggerebek rumah produksi sampo dan minyak rambut abal-abal. Rumah produksi yang terletak di Tangerang, Banten ini menduplikat sampo dan minyak rambut dari berbagai brand besar.

Rumah produksi ini juga telah memasarkan produknya ke berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya itu saja, omzet yang diraih perbulannya pun cukup fantastis sampai yakni Rp200 juta, dengan karyawan yang digaji sampai Rp15 juta per bulan. 

Usaha ilegal ini telah beroperasi selama 3 tahun dan membuat sampo abal-abal dari soda api, alkohol 96%, lem, pewarna makanan, dan bahan pengawet. Tentu saja bahan-bahan tersebut berbahaya jika digunakan. Apalagi jika digunakan sehari-hari. 

Untuk itu, kita perlu berhati-hati dalam memilih sampo dan minyak rambut. Lalu bagaimana sih cara mengenali sampo abal-abal ini? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini ya!

1. Deretan Merek Ini Mudah Ditemui di Warung atau Toko Kecil

Secara kasat mata, sampo abal-abal memang sangat mirip dengan produk sampo yang asli. Serta menurut pihak kepolisian, deretan merek ini mudah dijumpai di warung atau toko-toko kecil.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membelinya di supermarket yang sudah memiliki nama saja, untuk menghindari sampo sachetan abal-abal yang tersebar di warung atau toko-toko kecil ini. Atau jika ingin melakukan validasi, kamu dapat membelinya dalam dua versi, yakni supermarket dan warung untuk melihat beragam perbedaannya.

2. Adanya Rekatan Antar-Sachet yang Renggang

Sampo palsu memiliki packaging yang berbeda dari sampo asli. Rekatan antar-sachet pada sampo palsu begitu renggang dan tidak rapi, sedangkan pada sampo asli rekatan antar-sachet akan dibuat rapi dan rapat karena memang buatan mesin profesional.

3. Warna Cairan dan KomposisiSetelah dari packaging, produk sampo abal-abal memiliki warna cairan sampo yang lebih cerah dan komposisinya yang tidak kental.

4. Wangi yang Menyengat

Ciri-ciri terakhir pada sampo palsu, wanginya akan tercium lebih menyengat. Berbeda sekali dengan wangi sampo asli yang tercium lebih smooth.

Itu dia ciri-ciri sampo palsu atau abal-abal yang wajib kamu kenali. Yuk, mulai waspada dengan keberadaan sampo abal-abal ini. Jangan sampai kamu jadi korbannya ya! Karena jika dipakai terus-menerus, sampo palsu yang dibuat dari deretan bahan berbahaya ini dapat mengakibatkan masalah iritasi kulit. (bn/ty)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...