HomeBERITACatatan Hasil Pencapaian Kinerja Polda Jatim Selama Tahun 2019

Catatan Hasil Pencapaian Kinerja Polda Jatim Selama Tahun 2019

Kegiatan konfrensi pers terkait Anev(Analisa Evaluasi) di gedung Mahameru Mapolda Jatim,Senin 23/12/2019.

 Surabaya, SMNNews.co.id – Kapolda  Jatim Irjen pol Luki Hermawan,yang didampingi Wakapolda Jatim Brigjen pol Djamaludin dan Kabidhumas Polda Jatim Kombes pol F Barung Mangera,melaksanakan konfrensi pers terkait Anev(Analisa Evaluasi) di gedung Mahameru Mapolda Jatim,Senin 23/12/2019.

Propinsi Jawa timur yang strategis dan mempunyai  jumlah penduduk sekitar 38 juta jiwa ini sebagai salah satu propinsi yang menjadi barometer nasional dalam beberapa hal,selain dibidang ekonomi, politik dan budaya tidak ketinggalan dibidang keamanan dan ketertiban  masyarakat yang menjadi tupoksi Kepolisian daerah Jawa timur juga termasuk didalamnya.
Salah satu kegiatan massal yakni gelaran Pileg dan Pilpres tahun 2019 serta Pilkada di beberapa Kabupaten dan kota di Jawa timur berlangsung aman dan terkendali.Pada Januari 2019,Kapolda Jatim melaksanakan silaturahmi bersama MUI korwil Madura dan juga melaksanakan sinergitas bersama KPU dan Bawaslu Propinsi Jatim dan menandatangani fakta integritas pemilu damai dalam mensukseskan Pemilu tahun 2019.

Bulan Maret 2019:Pemberian penghargaan kepada Aiptu Sujadi anggota Satlantas Polres Kediri atas aksi heroik menyelamatkan korban banjir di tepi tol Ngawi.Kapolda Jatim memimpin Apel gelar Pasukan operasi mantap Brata Semeru dan peragaan Sispamkota PAM pemilu 2019 di Makodam V Brawijaya,serta melaksanakan kegiatan  pemilihan kacong Cebing Madura dan lomba kerapan sapi piala Kapolda Jatim.

April 2019:Kapolda Jatim memimpin Apel pergeseran pasukan operasi mantap Brata Semeru 2019 dan meninjau wilayah jajaran Polda Jatim Jelang pelaksanaan pemilu serta meninjau kesiapan pengamanan pelaksanaan pemilu 2019.

Mei 2019:Setelah pemungutan Suara pemilu 2019 Kapolda mengecek penghitungan Suara hasil pemilu tingkat Jawa timur.
Oktober 2019:Kapolda Jatim bersama Forkopimda Jatim melaksanakan Istigosah guna mensukseskan pelantikan Presiden dan Wakil presiden terpilih.Kapolda bersama Gubernur Jatim dan Pangdam V Brawijaya memimpin upacara hari santri nasional di Mapolda Jatim.
Desember 2019:Kapolda menghadiri penerimaan penghargaan Dirtahti Polda Jatim dari Lemkapi atas terobosan Dittahti Polda Jatim membuat aplikasi tahti Semeru.Itulah sekilas kegiatan kegiatan besar Polda Jatim yang telah dilakukan selama tahun 2019.

Hasil evaluasi dari Polda Jatim, kejahatan jalanan curat,curas dan Curanmor di Jatim menjadi perhatian Kapolda Jatim,bahwa curanmor justru menurun namun yang meningkat  justru kejahatan jalanan curat dan curas.sedangkan kejadian lama lantas yang menonjol sekarang sudah beralih dari jalan raya arteri lintas wilayah beralih ke jalan Tol.

Polda Jatim berhasil mengungkap beberapa kasus menonjol, besar yang dinilai sangat menyita perhatian publik,diantaranya:Ditreskrimum berhasil mengungkap kasus pembunuhan disertai mutilasi di wilayah Kediri,pembunuhan sales Suzuki Surabaya,ungkap pembunuhan sopir grap di Pasuruan, Ungkap kasus prostitusi online, Kasus peredaran uang palsu,Kasus judi di Surabaya,selain itu Ditreskrimum Polda Jatim memiliki inovasi dan baru pertama kali di Indonesia yakni gelar Expo pengembalian BB hasil kejahatan.

Dari DItreskrmsus Polda Jatim diantaranya:Ungkap kasus prostitusi online, Kasus ambruknya gedung SDN Gentong Pasuruan,kasus pembobolan kartu kredit lintas negara,kasus senjata rakitan ilegal produksi Lumajang,kasus penyelewengan Pengangkutan dan tata niaga BBM tanpa ijin,dan kasus Supercar dari wilayah Surabaya dan Malang.

Dari Ditresnarkoba Polda Jatim Berhasil menggagalkan penyelundupan sabu-sabu seberat 11,5 kg di kawasan Jakarta barat, menggagalkan penyelundupan 50 kg sindikat Sokobanah Sampang Madura.

Dari Ditlantas Polda Jatim,penanganan kecelakaan di perlintasan rel kereta api di Pasuruan,laka lantas di Nganjuk, penanganan kasus lakalantas di Malang dan Blitar yakni bus pariwisata pengangku rombongan guru dari Tulungagung menuju Pasuruan korban meninggal 5 orang luka 48 orang.
Dari Direktorat Polair Polda Jatim juga menorehkan prestasi diantaranya: berhasil mengungkap Kasus perikanan, pelayaran dan KSDA dari Kasus tersebut Ditpolair Berhasil  menyelesaikan 48 Kasus dari 60 kasus yang ada.

Dari Direktorat Intelejen dan keamanan juga mampu  memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan program penerbitan SKCK,rekom pemegang senpi,rekom penggunaan Handak,dsb.Untuk antisipasi ancaman keamanan tahun 2020 Polda Jatim fokus pada kejahatan Transnasional yaitu peredaran narkoba dari luar negeri.serta fokus pengamanan dalam menghadapi pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020.

Dari berbagai catatan hasil pencapaian kinerja kepolisian Daerah Jawa timur selama tahun 2019 terus mengalami peningkatan dan patut kita berikan apresiasi, memberikan dorongan,mengawasi,serta mengevaluasi agar institusi kepolisian daerah Jawa timur ini terus melakukan yang terbaik dalam melindungi,mengayomi,dan melayani masyarakat.(Bry)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

GP Ansor Jember Deklarasikan Ketuanya Maju Pilkada Kabupaten

JEMBER, SMNNews.co.id - Jajaran Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Jember mendeklarasikan Ketua Ansor Jember, Izzul Ashlah untuk maju dalam kontestasi Pilkada kabupaten Jember 2024,...

Paripurna DPRD Pesawaran Agenda Persetujuan Atas Rancangan Kebijakan  Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ)

PESAWARAN, SMNNews.co.id - Rapat Paripurna yang di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Pesawaran Suprapto di damping Wakil Ketua II Musanif Yasir Samsurya serta anggota...

SDM PKH Kabupaten Asahan Lakukan Uji Petik Konfirmasi Keberadaan KPM PKH Lansia

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) memainkan peran penting dalam menjaga keakuratan dan kelengkapan data terkait Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Lanjut Usia....