HomeBERITACegah Penyebaran Virus Corona Dispertapan Trenggalek Semprot Pasar Basah dengan Desinfektan

Cegah Penyebaran Virus Corona Dispertapan Trenggalek Semprot Pasar Basah dengan Desinfektan

Tim gabungan saat melakukan semprot Desinfektan di pasar basah Trenggalek

TRENGGALEK, SMNNews.co.id – Upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid 19 terus dilakukan, seperti yang dilakukan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek bersama Dinas Komindag dan Satpol-PP menyemprot desinfektan bertempat di pasar basah, Senin (16/3/2020).

Sasaran kali ini pada lokasi penjualan hewan ternak ayam serta tempat pemotongannya. Upaya itu dilakukan lantaran tengah ramai kemunculan wabah virus Corono yang berasal dari Wuhan, Tiongkok yang menggemparkan masyarakat di belahan dunia, tak terkecuali di Trenggalek.

PLT Kepala Dinas Agung Sudjatmiko mengatakan, ini merupakan langkah awal untuk pencegahan penyebaran wabah virus. Untuk selanjutnya akan dilakukan secara berkala penyemprotan di berbagai pasar. 

“Kami menyasar pasar karena pasar yang menjual berbagai macam hewan hidup termasuk hewan liar. Untuk itu kami lakukan pencegahan terhadap penyebaran virus ini,” jelas Agung.

Agung juga menjelaskan bahwa desinfektan yang digunakan kali ini sangat aman. Aman untuk manusia, hewan serta sayur dan buah yang ada di pasar basah tersebut. 

Namun jika setelah adanya penyemprotan ini masyarakat membeli sayur maupun buah harus di proses seperti biasa. Yakni dicuci dahulu serta di masak dengan cara yang sehat.

“Secara berkala penyemprotan ini akan terus dilakukan hingga menunggu himbauan kembali,” tuturnya.

Menurut Agung penyemprotan ini sesuai himbauan dari pemerintah pusat hingga daerah untuk upaya menanggulangi penyebaran virus. 

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk selalu menerapkan hidup sehat dengan mencuci tangan sehabis beraktivitas, agar tidak terpapar virus.

“Kami meminta masyarakat supaya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat diantaranya dengan mencuci tangan menggunakan sabun,” pungkasnya. (Rud)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...