HomeTNICegah Stunting Saat Pandemi, Anggota Satgas TMMD Kawal Pelaksanaan Posyandu

Cegah Stunting Saat Pandemi, Anggota Satgas TMMD Kawal Pelaksanaan Posyandu

Lamongan, SMNNews.co.id – Dalam upaya mencegah stunting di masa pandemi Covid-19,Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 mengawal ketat pelaksanaan Posyandu di Desa Tebluru,Kecamatan Solokuro.

Balita yang rata – rata berumur 5 tahun kebawah tersebut dalam kegiatan Posyandu di timbang badan Rutin dan dipantau setiap bulan oleh para petugasnya dari unsur ibu-ibu dan pemuda dan pemerintah desa setempat.

Namun,Posyandu yang dilaksanakan di situasi pandemi ini tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Tidak hanya cukup timbang berat badan dan imunisasi,penyuluhan juga diberikan kepada ibu – ibu balita dengan tujuan supaya ibu desa memahami betul pentingnya gizi dan kesehatan balita dimasa pertumbuhan.

“Ini kita laksanakan sesuai prosedur seperti biasanya.Dimulai dari pendaftaran,penimbangan,pencatatan dan pelayanan imunisasi.Juga kita laksanakan penyuluhan,namun karena kondisi Covid-19 penyuluhanya kita laksanakan secara berkala di masing – masing rumah warga,”ujar Bidan Desa Sulasih

Ia menjelaskan, pelaksanaan Posyandu selama pandemi Covid-19 ini tetap dilaksanakan secara rutin di Balai Desa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.”Alhamdulillah antusias ibu yang memiliki balita tetap aktif untuk ke Posyandu.Meski dalam situasi pandemi Covid-19.Itu terbukti dari data yang kami rekap anak usia 1-5 tahun ada 130.Namun untuk penyuluhan kepada ibu – ibu kita laksanakan dengan tekhnis yang berbeda,” jelasnya.

Ia juga berpesan kepada ibu – ibu balita supaya tetap memperhatikan balitanya meskioun dalam situasi pandemi Covid-19.”Saya berpesan kepada ibu- ibu suoa tetap memperhatikan kondisi balitanya dengan rutin datang ke Posyandu.Kondisi balita harus tetap dijaga jangan sampai kena stunting,” pungkasnya.

Senada dengan hal itu Sekretaris Desa setempat Pak Humaidi menegaskan jika Petugas Posyandu di desanya ada sekitar 20 orang dari masing – masing RT/RW nya dengan total 13 RT. “Kegiatan Posyandu yang rutin setiap satu bulan sekali ini menjadi salah satu langkah pencegahan stunting dimasa Pandemi Covid-19. Saya menghimbau ibu – ibu terus rutin mengikuti Posyandu agar di desa kita tidak ada stunting,” tegasnya.

Dikonfirmasi terpisah Danki Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kapten Chb Suroso yang mengawal pelalsanaan Posyandu mengungkapkan,kita siapkan anggota Satgas disemua kegiatan.Ini untuk mengawal pelaksanaan semua kegiatan baik fisik dan non fisik di Desa.Alhamdulillah semua berjalan dengan baik,”ungkapnya.

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...