HomeBERITACumulonimbus Muncul di Langit Tulungagung, Waspadai Bahaya Pancaroba

Cumulonimbus Muncul di Langit Tulungagung, Waspadai Bahaya Pancaroba

Kepala BPBD Tulungagung Suroto saat memimpin rapat

Tulungagung SMNNews.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat agar mewaspadai akan adanya cuaca ekstrim yang muncul selama beberapa hari kedepan.

Intensitas hujan sedang hingga tinggi disertai angin kencang diprediksi masih akan terjadi pada bulan Mei akhir menginjak bulan Juni 2020. Proses peralihan musim penghujan ke musim kemarau yang kadang terjadi hujan dan terkadang tidak terjadi hujan sudah terbaca, Jumat (20/5).

awan muncul diatas langit waspada hujan lebat

Perlu diwaspadai, dalam masa peralihan bulan Mei sampai ke pertengahan bulan Juni adalah musim pancaroba. Seiring dengan terbentuknya awan pekat hitam berkembang berbentuk seperti bunga kol berwarna abu- abu (cumulonimbus) di atas langit Tulungagung dan sekitarnya, dapat menimbulkan hujan lebat disertai petir, karena itu jangan berteduh dibawah pohon.

Kepala BPBD Kabupaten Tulungagung Suroto menjelaskan, “biasanya daerah yang terdampak yaitu di Kecamatan Boyolangu, Kecamatan Campurdarat dan Kecamatan Pakel. Kami berharap Mudah- mudahan hal ini tidak terjadi.”

“Untuk antisipasi masyarakat Tulungagung harus berhati- hati dengan banyaknya pohon- pohon lantaran sudah tua, sudah miring maupun roboh, karena bila hujan datang bisa menimpa rumah. Namun bila pohon itu kuat justru sangat berfungsi baik untuk memecah angin. Angin besar adanya dorongan atau bertabrakan dengan daun atau ranting artinya tidak penuh atau tidak menjadi satu akan pecah dan lebih ringan.”

Longsor yang terjadi di beberapa Kecamatan di Tulungagung akibat hujan sangat deras, Suroto menegaskan , “dalam tempo cukup lama atau lebih dari dua jam kemungkinan besar berpotensi longsor itu ada, seperti di Kecamatan Pagerwojo dan Kecamatan Sendang,” ungkapnya.(Gusty Indh)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...